Bubur Oatmeal Jadi Santapan Panjang Umur Pria Tertua di Inggris Ini

Devi Setya - detikFood Senin, 01 Apr 2019 12:09 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Dua orang pria tertua di Inggris baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 111. Keduanya berbagi rahasia makanan yang bikin panjang umur.

Pria bernama Bob Weighton dan Alfred Smith tercatat sebagai orang tertua di Inggris. Keduanya memasuki usia 111 tahun pada 29 Maret lalu. Dua orang ini tidak kembar namun takdir menentukan keduanya lahir di tanggal dan tahun yang sama.

Weighton dan Smith bukan hanya memiliki kesamaan tanggal lahir, tapi mereka juga sama-sama dinobatkan sebagai pria tertua di Inggris. Lantas, apakah rahasia yang membuat dua orang ini memiliki umur panjang?
Bubur Oatmeal Jadi Santapan Panjang Umur Pria Tertua di Inggris IniFoto: istimewa

Baca juga : Makan Enak, Jadi Rahasia Panjang Umur dari Pria Tertua di Amerika

Dikabarkan This Is Insider (1/4) Smith mengaku rahasia umur panjangnya karena ia rutin mengonsumsi oatmeal. "Bubur oatmeal sangat membantu pencernaan dan berusahalah menikmati pekerjaan Anda," kata pria yang dulunya seorang petani ini.

Smith mengaku sejak masih muda, ia memang rutin menjadikan bubur oats sebagai santapan. Ia mengaku rasa bubur oat ini sangat cocok dengan seleranya.

Perasaan senang pastilah melingkupi Smith karena bisa hidup dengan lama. Di lain sisi ia justru merasa bingung kenapa ia berusia sangat panjang.
Bubur Oatmeal Jadi Santapan Panjang Umur Pria Tertua di Inggris IniFoto: istimewa

"Saya sering berpikir saya telah menjalani kehidupan yang layak," katanya. "Saya bertanya pada diri sendiri - mengapa aku? Mengapa saya hidup begitu lama sementara yang lain tidak?"

Smith berasal dari Invergowrie, Skotlandia, dan Weighton dari Hampshire, Inggris, keduanya belum pernah bertemu, tetapi menganggap satu sama lain sebagai saudara kembar.

Keduanya juga sering bertukar kartu ucapan ulang tahun selama beberapa tahun terakhir. Namun Weighton mengaku selalu menolak kartu ucapan dari Ratu Inggris.
Bubur Oatmeal Jadi Santapan Panjang Umur Pria Tertua di Inggris IniFoto: istimewa

Baca juga : Capai Usia Lebih dari 100 Tahun, Ini Menu Sarapan Orang Tertua di Dunia

Di Inggris ada tradisi yang dijalani yakni setiap warga yang berusia 100 tahun akan menerima kartu ucapan dari Ratu setiap tahun. Namun Weighton berdalih ia tak mau lagi dikirimkan kartu ucapan karena alasan takut merepotkan sang Ratu.

Meskipun usianya 111 tahun tetapi dua pria ini bukanlah orang tertua di dunia. Pemegang gelar orang tertua di dunia ada di tangan Grace Jones yang kini berusia 112 tahun. (dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com