Doyan Daging Mentah, Kebiasaan Makan Orang Ethiopia Dianggap Aneh

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 30 Mar 2019 09:57 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Mengonsumsi ikan mentah seperti sashimi sangat jamak di Jepang. Tapi bagaimana kalau melahap daging sapi mentah?

Adalah orang Ethiopia yang menganggap daging mentah (raw meat) adalah sajian menggugah selera. Di ibu kota Ethiopia, Addis Ababa bahkan sudah jadi pemandangan umum sekelompok orang menikmati daging sapi dan daging kambing mentah bersama-sama.

Dikutip dari Oddity Central (28/3), kebiasaan makan daging mentah ini tidak hanya pada saat liburan atau acara khusus seperti pernikahan, tetapi sehari-hari. Orang Ethiopia menganggap daging mentah adalah makanan sehat yang memasok banyak energi dan membuat tubuh segar.

Orang Ethiopia tahu kalau makan daging mentah menimbulkan risiko terkena bakteri berbahaya seperti salmonella dan E-coli, hanya saja kebanyakan mereka mengabaikannya. "Selama 20 tahun terakhir saya sudah makan daging mentah dan saya tidak pernah sakit. Tubuh saya menyukainya," tutur seorang pencinta daging mentah.

Doyan Daging Mentah, Kebiasaan Makan Orang Ethiopia Dianggap AnehFoto: Thinkstock

Baca Juga: Hobi Makan Daging Mentah, Tubuh Wanita Ini Dipenuhi Cacing

Sementara pencinta daging mentah lainnya menilai risiko kesehatan dari makan daging mentah adalah hal keliru. "Baru-baru ini nenek saya meninggal di usia 114 tahun dan ibu saya meninggal di usia 92. Mereka makan daging mentah sampai hari terakhir hidup di dunia," timpalnya.

Dr. Mesafint Abebe, pemilik klinik kesehatan swasta di Addis Ababa mengatakan kebanyakan pencinta daging mentah cenderung melebih-lebihkan meanfaat sehat makan daging. Nyatanya banyak pasien didiagnosa masalah kesehatan terkait asupan daging mentah. Mereka kerap kembali lagi dengan keluhan penyakit yang sama.

Di sisi lain, tak ada yang tahu pasti kenapa konsumsi daging mentah bisa begitu populer di Afrika. Namun ada satu penjelasan populer yang menyebut saat perang antara Christian Gurage dan Muslim berabad-abad lalu, pejuang Gurage bersembunyi di gunung-gunung.

Doyan Daging Mentah, Kebiasaan Makan Orang Ethiopia Dianggap AnehFoto: Istimewa

Guna mengatasi rasa lapar mereka hendak makan daging, tapi mereka sadar kalau memasak daging akan membuat musuh-musuh tahu keberadaan mereka dari aroma yang ditimbulkan. Akhirnya para pejuang Gurage memilih makan daging mentah.

Nah, kalau hendak mencicip sajian daging mentah di Ethiopia, menu terpopuler adalah tere siga yang secara harfiah berarti daging mentah. Menu ini berupa potongan daging mungil yang dicelupkan dalam berbagai saus seperti cabai plus rempah bernama Mitmita. Ada juga yang disajikan bersama remahan keju fresh.

Baca Juga: Pria Ini Hanya Makan Daging Mentah Selama 5 Tahun


Simak Juga 'Mengenal Pica, Gangguan Makan Aneh':

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com