Pemiliknya Bantu Nazi di PD II, Perusahaan Kuliner Ini Sumbang Rp 160 Miliar

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 29 Mar 2019 17:03 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Perusahaan yang menaungi Krispy Kreme sumbang uang sebesar Rp 160 miliar. Uang sebanyak itu dinilai bisa menghapus dosa masa lalu keluarga Reimann di masa Nazi.

Perusahaan Jerman yang membawahi banyak bisnis kuliner seperti Krispy Kreme dan Panera Bread dikabarkan mengucurkan donasi dalam jumlah fantastis. Keterlibatan sang pendiri yakni Albert Reimann Sr dan sang anak, Albert Reimann Jr dengan Nazi jadi alasannya.

Kabarnya pada Perang Dunia II, keduanya mendukung Hitler dan menggunakan warga sipil Rusia serta tawanan perang Prancis sebagai pekerja paksa di pabrik mereka. Hal itu ada dalam dokumen terbuka di Jerman, Prancis, dan Amerika Serikat.

Pemiliknya Bantu Nazi di PD II, Perusahaan Kuliner Ini Sumbang Rp 160 MiliarFoto: Istimewa

Kabar itupun dibenarkan oleh pihak keluarga yang kini menjalankan bisnis bertaraf internsional itu. "Kami malu. Tindak kejahatan ini amat menjijikan," tutur Peter Harf selaku juru bicara perusahaan sekaligus keluarga Reimann pada tabloid lokal Jerman, Bild (26/3).

Baca juga: Di Kota Ini Donat Krispy Kreme Dijual Secara Sembunyi-sembunyi

Belum jelas berapa jumlah warga yang dijadikan budak dalam perusahaan industri bahan kimia yang dijalankan mereka kala itu. Hanya saja, di tahun 1943 mereka membentuk sekitar 30 persen tenaga kerja di pabrik.

Pemiliknya Bantu Nazi di PD II, Perusahaan Kuliner Ini Sumbang Rp 160 MiliarFoto: Istimewa

Menurut Harf, investigasi mengenai keterkaitan keluarga Reimann dan Nazi sudah dilakukan sejak tahun 2000-an. Keluarga Reimann saat ini bahkan mempekerjakan seorang profesor ahli sejarah asal universitas di Munich untuk menemukan dokumen mengenai Reimann Sr.

Reimann Sr sendiri meninggal dunia di tahun 1954. Sedangkan Reimann Jr meninggal di tahun 1984. Terkait hal ini, JAB Holding Company akhirnya memutuskan untuk memberi donasi sebesar $ 11.3 juta (Rp 160 miliar) untuk sebuah badan amal.

Hingga kini, belum diketahui badan amal mana yang akan menerima donasi tersebut. Hanya saja, JAB Holding Company rencananya juga akan merilis buku mengenai fakta-fakta yang ditemukan profesor ahli sejarah saat Perang Dunia II.

JAB Holding Company sendiri merupakan perusahaan besar asal Jerman yang menaungi Krispy Kreme, Panera Bread, Keurig Green Mountain, Peet's Coffee & Tea hingga Caribou Coffee Co.

Baca juga: Donat Krispy Kreme Inggris Umumkan Halal


Pemiliknya Bantu Nazi di PD II, Perusahaan Kuliner Ini Sumbang Rp 160 Miliar
(dwa/odi)