Wouw, Nenek Ini Bikin Baju Rajut dari Kantong Plastik Supermarket!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 29 Mar 2019 16:38 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ada banyak cara untuk memanfaatkan kembali kantong plastik supermarket. Nenek ini pilih membuat baju rajut berbahan kantong plastik!

Sekilas jaket dan rok yang dipakai Rosa Ferrigno adalah rajutan biasa, tapi siapa sangka nenek 75 tahun ini membuatnya sendiri dari kumpulan kantong plastik supermarket. Dikabarkan Democrat & Chronicle (29/3), Ferrigno memanfaatkan lebih dari 300 kantong plastik.

Wanita yang tinggal di New York ini memang sangat suka merajut, namun tahun kemarin dia menantang dirinya sendiri untuk merajut kantung plastik jadi pakaian stylish. Kala itu Ferrigno sedang piknik bersama keluarganya. Ia melihat ada orang pakai dompet dari kantong plastik yang didaur ulang. Ia lantas terinspirasi membuat sesuatu yang serupa.

Wouw, Nenek Ini Bikin Baju Rajut dari Kantong Plastik Supermarket!Foto: Istimewa

Baca Juga: Keren! Buah dan Sayuran Segar Ini Terbuat dari Rajutan Benang Wol

Bersama anak perempuannya, Ferrigno belajar merajut plastik jadi beragam barang lewat YouTube. Ia berhasil membuat dompet dari kantong plastik department store JC Penney yang berwarna merah, putih, dan biru. Juga dompet cokelat karena dibuat dari kantong plastik supermarket Wegmans.

Setelah menyelesaikan berbagai dompet plastik, Ferrigno menyadari ia membutuhkan sesuatu untuk mencocokkannya. Akhirnya pada November 2018 ia bilang pada putrinya ingin buat rok dan jaket berbahan kantong plastik Wegmans sebagai proyek musim dingin.

Ferrigno mulai berkarya dengan memotong kantong plastik menjadi lembaran-lembaran. Ia lalu mengikatnya bersama-sama untuk membuat potongan lebih panjang seperti benang yang bisa dirajut.

Wouw, Nenek Ini Bikin Baju Rajut dari Kantong Plastik Supermarket!Foto: Istimewa

Hanya saja untuk merajut kantong plastik harus memakai jarum besar yang tak ada di pasaran. Ferrigno pun beride membuat jarum sendiri berbahan kayu hingga jadi dua jarum raksasa.

Butuh waktu 2 bulan bagi Ferrigno untuk menyelesaikan proyek musim dinginnya. Total, jaket buatan Ferrigno terbuat dari 170 kantong plastik, sementara roknya membutuhkan 140 kantong plastik.

Mengetahui hal ini, Jo Natale dari pihak supermarket Wegman mengaku terpesona. "Kami menyukainya ketika pelanggan kami menggunakan kembali atau mendaur ulang kantong plastik, tetapi kami belum pernah melihat karya seni seperti buatan Rosa," pungkas Jo Natale.

Baca Juga: Keren! Supermarket Ini Pakai Daun Pisang Untuk Pengganti Plastik


Simak Juga 'Keren! Limbah Plastik Ini Disulap Jadi Produk Fesyen':

[Gambas:Video 20detik]


Wouw, Nenek Ini Bikin Baju Rajut dari Kantong Plastik Supermarket!
(adr/odi)