Resep Kentang Goreng Renyah Gurih Seenak Bikinan Resto

Milla Kurniaputri - detikFood Senin, 25 Mar 2019 13:55 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kentang goreng jadi camilan favorit banyak orang. Tak perlu beli, kentang goreng yang renyah gurih seenak bikinan resto bisa dibikin dengan resep dan trik ini.

Meski sederhana, kentang goreng selalu jadi buruan. Potongan kentang diiris, digoreng garing, lalu diberi pelengkap seperti saus, mayonnaise atau bubuk cabe. Kepopuleran kentang goreng tak hanya di Indonesia, tapi juga dibanyak negara di dunia.

Kanada, misalnya, punya poutine. Bahan utama sajian ini memang kentang goreng, keju, dan saus. Potongan kentang gorengnya tak terlalu tebal lalu digoreng hingga kering. Untuk sausnya, pertama kali diracik oleh penemu poutine yaitu Warwick Quebec.

Warna sausnya cokelat, kental, dengan rasa gurih sedikit asam. Sementara kejunya harus jenis keju segar seperti cheddar putih dan keju feta. Bisa juga ditambahkan bahan lain seperti bacon, daging asap, atau sosis.

Resep Kentang Goreng Renyah Gurih Seenak Bikinan RestoFoto: iStock/Istimewa

Selain poutine, ada juga slap chips dari Afrika Selatan. Kentang goreng ini memakai bumbu utama cuka. Untuk membuatnya, kentang goreng dipotong tebal-tebal lalu direndam larutan cuka.

Selanjutnya kentang goreng ini digoreng dua kali. Proses penggorengan memastikan kentang goreng nantinya renyah di luar namun tetap lembut dan empuk di dalam.

Lalu dari mana asal kentang goreng? Ternyata kentang goreng diklaim orang Belgia sebagai makanan yang berasal dari negara mereka. Tetapi hal itu kurang didukung bukti yang kuat. Sejarawan Belgia bernama Jo Gerard menyatakan bahwa resep kentang goreng sudah ada di Belgia sejak tahun 1680.

Kentang goreng lalu terkenal karena banyak restoran yang menyajikannya. Mereka menjajakan kentang goreng dengan saus dan mayonnaise sebagai makanan pelengkap.

Baca Juga: 7 Varian Kentang Goreng Enak dari Spanyol hingga Vietnam

Seiring waktu, kentang goreng bukan hanya kentang yang digoreng biasa. Inovasi muncul di berbagai restoran seperti kentang goreng crispy, kentang goreng kress keju, dan balado kentang kering. Ada kentang yang dibalut tepung sebelum digoreng, ada yang dilumuri keju dan ada yang diberi bumbu pedas.

Resep Kentang Goreng Renyah Gurih Seenak Bikinan RestoFoto: Istimewa

Bahkan di Jepang juga ada kentang goreng yang memiliki ukuran panjangnya 25 cm yang enak dinikmati dengan paduan saus gurih. Tren kentang goreng ekstra panjang ini juga sudah sampai ke Indonesia.

Berbentuk adonan, kentang ini dibentuk dengan alat khusus sehingga ukurannya bisa panjang. Popotato menjadi salah satu gerai kentang goreng panjang dengan pilihan saus yang beragam.

Baca Juga: Renyah Lembut. Kentang Goreng 25cm dengan Saus Mayo dan Keju

Nah, bagi penggemar kentang goreng yang mau bikin sendiri kentang goreng di rumah. Bisa ikuti trik membuat kentang goreng ala resto. Perhatikan bahan utama kentang dan teknik menggorengnya.

1. Jenis kentang
Penggunaan kentang Russet (kentang tes), lebih baik untuk kentang goreng dibandingkan varietas seperti Yukon gold. Sebab kentang Russet punya kandungan pati lebih tinggi.

2. Pengupasan
Sebaiknya gunakan pengupas kentang yang dilengkapi poin tajam di bagian ujung. Ini bisa menghilangkan titik-titik pada permukaan kulit kentang.

3. Pemotongan
Gunakan pengiris sayuran (French mandolin) untuk memotong kentang. Kalau memakai pisau biasa, potonglah sedikit lebih besar seperti kentang goreng pendamping steak. Sebaiknya potong salah satu ujung kentang sebelum mulai mengirisnya agar lebih stabil.

4. Perendaman
Rendam potongan kentang dalam air dingin untuk menghilangkan kelebihan pati. Ini akan membantu membuat hasil akhir sangat renyah.

5. Masak tahap pertama
Untuk kentang goreng yang empuk di dalam dan renyah di luar, Anda perlu menggorengnya dua kali. Pada penggorengan pertama gunakan suhu lebih rendah sekitar 127 derajat C sampai 138 derajat C. Ini akan memastikan kentang matang, tapi tidak berlebihan. Sehingga kentang tidak berantakan.

Resep Kentang Goreng Renyah Gurih Seenak Bikinan RestoFoto: iStock

6. Penyimpanan
Setelah memasaknya, kentang perlu waktu untuk didiamkan dan didinginkan. Tapi jangan bungkus kentang dengan plastic wrap karena bisa membuatnya lembab. Sebaiknya biarkan kentang tanpa penutup atau tutup dengan tisu dapur bersih dan dinginkan di lemari es.

7. Kontrol suhu
Biarkan suhu kentang turun jadi sesuai suhu ruang sebelum menggorengnya. Supaya kentang lebih renyah dan membantu menjaga suhu minyak goreng lebih konstan.

8. Masak tahap kedua
Proses penggorengan terakhir pada kentang goreng dilakukan dengan suhu tinggi sekitar 190 derajat C. Ini akan membuat hasil kentang berwarna keemasan dan renyahnya sempurna.

9. Beri garam
Tiriskan kentang dengan rak kawat (wire rack) yang ditaruh di atas nampan. Bukan meniriskan dengan tisu. Anda perlu sedikit minyak tetap ada di permukaan kentang sehingga garam bisa menempel lebih baik. Gunakan garam laut yang halus daripada garam kasar.

Baca Juga: Tanpa Alat, Begini Cara Gampang Kupas Kentang

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com