Saus Pedas Ini Sengatan Panasnya Mirip Racun Venom dari Tarantula

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 20 Mar 2019 14:05 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sengatan racun venom dari Tarantula bisa menimbulkan kejang otot dan rasa sakit terbakar. Hal ini yang diterapkan pada rasa saus pedas, keluaran ilmuwan Inggris.

Tarantula jenis Trinidad Chevron, punya bentuk yang besar, berbulu dan menyeramkan. Tarantula jenis ini memiliki venom, atau racun yang dapat menyebabkan orang yang terkena, mengalami kejang otot, stroke, hingga rasa panas yang membakar.

Baca Juga: Berani Coba? 5 Saus Super Pedas dari Portugal Hingga Peru
Saus Pedas Ini Sengatan Panasnya Mirip Racun Venom dari TarantulaFoto: Istimewa

Efek inilah yang diterapkan ke produk saus 'Scientific Steve's Venom Chilli Sauce'. Saus pedas ini sengaja dirancang, untuk memiliki efek yang sama dengan venom dari tarantula.

Dikabarkan The Sun UK (19/03), para ahli di perusahaan riset yang berbasis di kota Kent, Inggris, bernama Venomtech punya produk yang unik. Mereka membuat produk saus cabai, dengan menggabungkan racun sintetik dari tarantula. Racun sintetik ini merupakan zat buatan, sehingga saus pedas ini masih aman dikonsumsi.

"Sebisa mungkin kita mengolah saus ini tanpa harus mencoba rasa dari racun venom yang asli. Saus ini memiliki sengatan panas yang serupa dari efek racun itu," ungkap Steven Trim, selaku pemiliki dan drektur Venomtech.
Saus Pedas Ini Sengatan Panasnya Mirip Racun Venom dari TarantulaFoto: Istimewa

"Kami fokus mempelajari tentang racun venom, dan cara kerja mereka di bidang biologi untuk penemuan obat. Lewat penelitian ini, kami menyadari bahwa racun dari tarantula Trinidad Chevron, berkerja pada reseptor yang sama seperti capsicum (tumbuhan cabe)," jelas Steven.

Menurut Steve rasa saus ciptaannya ini, memiliki rasa yang sangat pedas untuk para penggemar makanan pedas. Untuk idenya sendiri, Steven menemukannya dengan cara tidak sengaja.
Saus Pedas Ini Sengatan Panasnya Mirip Racun Venom dari TarantulaFoto: Istimewa

"Idenya muncul dua tahun yang lalu, kami menyadari bahwa tidak ada orang yang cukup bodoh yang mau mencicipi racun venom. Sehingga kami memutuskan untuk membuat saus dengan racun venom sintesis," lanjutnya.

Meski namanya racun sintesis, tapi Steven memastikan bahwa produk sausnya aman untuk dikonsumsi. Untuk satu botol saus Venom ini, dihargai sekitar £6.50 (Rp 122.850).

Baca Juga: Huah! Ini Dia 8 Saus Pedas yang Ada di Seluruh Dunia (sob/odi)