Snack Jepang Kekinian

Krenyes Renyah Tempura hingga Kakiage yang Gurih Enak

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 19 Mar 2019 16:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Snack Jepang Kekinian
Jakarta - Gorengan enak khas Jepang ini bukan sepenuhnya camilan. Tetapi teksturnya yang renyah dengan rasa ringan membuat orang suka mengemilnya.

Jepang mengenal gorengan pertama kali berupa tempura dari Spanyol. Kemudian muncul jenis gorengan lain seperti karage, chicken katsu hingga kakiage sangat cocok jadi camilan ataupun disantap dengan nasi hangat.

1. Karage

Krenyes Renyah Tempura hingga Kakiage yang Gurih EnakFoto: iStock

Disebut dengan chicken karage. Camilan asal Jepang ini dibuat dari potongan daging paha ayam yang dibalut dengan lapisan tepung dan digoreng renyah. Karena memakai daging paha ayam maka tekstur nya yang juicy di dalam namun renyah di luar.

Agar gurih, daging ayam dimarinasi terlebih dulu dengan beberapa bumbu. Seperti kecap, bawang putih, jahe, gula, garam dan kaldu. Chicken karage semakin lengkap saat dinikmati bersama dengan saus mayonnaise dan juga salad segar.

2. Tempura

Krenyes Renyah Tempura hingga Kakiage yang Gurih EnakFoto: iStock

Tempura merupakan makanan Jepang yang dibuat dengan balutan tepung dan digoreng renyah. Bahan utamanya beragam, ada udang, ubi hingga sayuran.

Adonannya renyah namun empuk, ternyata ini dibuat dari campuran tepung terigu dan kuning telur yang diencerkan dengan air es kemudian digoreng.

Selain bisa dimakan dengan nasi, tempura juga enak disajikan dengan salad, donburi hingga ramen dan udon. Tempura juga sering dijadikan topping udon dan juga ramen.

Baca juga: Inilah 5 Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Tempura

3. Chicken katsu

Krenyes Renyah Tempura hingga Kakiage yang Gurih EnakFoto: iStock

Chicken katsu atau biasa disebut dengan tori katsu. Daging ayam tanpa tulang diberi lapisan tepung roti. Daging ayam yang digoreng hingga kecokelatan ini rasanya renyah gurih. Aslinya katsu ini memakai daging babi dan dikenal sebagai tonkatsu.

Banyak orang yang menikmati chicken katsu dengan nasi atau udon. Atau ditambah dengan lumuran saus kari yang kental dan nikmat. Orang Indonesia biasa menikmati chicken katsu dengan saus sambal hingga saus mayonnaise. Enak di nikmati selagi hangat.

4. Korokke

Krenyes Renyah Tempura hingga Kakiage yang Gurih EnakFoto: iStock

Camilan kentang yang satu ini sangat enak. Mirip seperti kroket pada umumnya,akan tetapi dipadukan dengan bumbu yang berbeda.

Mirip seperti kroket Prancis, kentang yang sudah dihaluskan kemudian dicampur dengan cincangan daging sapi dan bawang bombay. Adonan kentang dibentuk bulat dan sedikit agak datar lalu dilapisi dengan panko (tepung roti).

Korokke bisa dinikmati bersama dengan saus tonkatsu atau soy sauce. Di Jepang, korokke tidak hanya enak disantap begitu saja tapi juga dibuat menjadi Korokke Sando. Ini merupakan sandwich isi kroket yang gurih enak.

5. Kakiage

Krenyes Renyah Tempura hingga Kakiage yang Gurih EnakFoto: iStock

Bisa disebut dengan bakwan Jepang. Kakiage jadi salah satu side dish yang populer di Jepang. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya adalah bawang bombay, wortel, ubi, buncis dan juga tepung terigu.

Adonan kakiage dibuat dari campuran tepung terigu, air es dan garam. Kemudian goreng dalam minyak panas. Kakiage sangat nikmat ketika dipadukan dengan cocolan saus mirin, soy sauce dan juga dashi.

Baca juga: Diawali dengan Dorayaki, Kini Jajanan Jepang Makin Populer dan Kekinian (lus/odi)
FOKUS BERITA Snack Jepang Kekinian