Mulur Gurih Makanan Serba Keju

5 Makanan Ini Ternyata Enak Banget Dijodohkan dengan Keju

Sonia Basoni - detikFood Senin, 18 Mar 2019 15:43 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Keju tak hanya enak disajikan dengan ayam hingga aneka kue. Banyak juga makanan unik yang enak dipadukan dengan keju, seperti kimchi, jagung, hingga tiram.

Di negara Barat, biasanya keju disajikan dengan buah atau biskuit serta wine. Di Indonesia sendiri, keju jadi topping yang populer untuk makanan, minuman, hingga kue.

Dilansir Food and Wine (15/03), ternyata ada beberapa makanan unik yang cocok disantap dengan keju.

Baca Juga: 8 Jenis Keju Paling Sering Dipakai di Restoran dan Bakery


1. Kimchi

5 Ini Ternyata Enak Banget Dijodohkan dengan KejuFoto: Istimewa

Hidangan sayur asal Korea ini, punya rasa asam segar. Sehingga penggabungan keju, dianggap masih asing. Padahal menurut ahli keju, Kirstin Jackson dan Vanessa Chang, kimchi juga cocok dipadukan dengan keju.

Salah satunya keju jenis Gruyere, yang punya tekstur lebih padat. Ketika digabungkan dengan kimchi, ada perpaduan rasa asin, pedas, dan tentunya rasa legit dari keju. Selain Gruyere, keju leleh seperti raclette juga enak digabungkan dengan sayuran fermentasi.


2. Tiram

5 Ini Ternyata Enak Banget Dijodohkan dengan KejuFoto: Istimewa

Seafood memang jadi makanan populer yang sering disajikan dengan keju. Tapi ternyata rasa dari tiram panggang, atau smoked oyster akan semakin enah dan unik saat dimakan bersama keju.

Biasanya tiram enak disantap dengan keju klasik seperti cheddar atau keju alpine. Rasa keju yang gurih, dengan tekstur tiram segar membuat hidangan ini wajib dicoba, untuk para penggemar keju.


3. Keripik Kentang

5 Ini Ternyata Enak Banget Dijodohkan dengan KejuFoto: Istimewa

Kentang dengan keju memang terdengar biasa. Tapi bagi ahli keju seperti Chang dan Jackson, hidangan keripik kentang keju ini sebenarnya bisa dibuat lebih istimewa dan berkualitas.

"Saya biasanya sering menggabungkan keripik kentang dengan jamur truffle, dan dimakan dengan dengan potongan keju Brie. Rasanya enak, gabungan antara jamur truffle, dengan tekstur renyah menambah rasa," tutur Chang dan Jackson.


4. Jagung

5 Ini Ternyata Enak Banget Dijodohkan dengan KejuFoto: Istimewa

Hidangan jagung manis dengan parutan keju memang populer. Tapi menggabungkan jagung rebus yang masih utuh, dengan Bleu d'Auvergne, atau keju biru asal Prancis. Menghasilkan cita rasa unik, dan mewah di setiap gigitan jagung.

"Selain ditambahkan jagung dengan keju biru, rasa jagung rebus ini semakin enak jika dicampurkan dengan cokelat leleh. Rasa dari keju sebenarnya akan semakin lezat, jika bertemu dengan rasa gurih serta manis," tutur Chang.


5. Cheetos

5 Ini Ternyata Enak Banget Dijodohkan dengan KejuFoto: Istimewa

"Cheetos dipadukan dengan keju Cambazola rasanya semakin enak," jelas Chang. Cambazola sendiri merupakan jenis keju biru bertekstur lunak, yang terbuat dari susu sapi.

Asal keju ini dari negara Italia, dengan waktu proses pembuatan sekitar 2-3 bulan. Menurut Chang, keju ini cocok disandingkan dengan camilan atau snack yang memiliki tekstur renyah dan gurih, seperti Cheetos.

Baca Juga: Beefsteak Hingga Sate Lebih Enak Ditambah Lelehan Keju (sob/odi)