Bikin Haru! Bocah 2 Tahun yang Pintar Makan Pakai Sumpit Ternyata Pejuang Kanker

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 18 Mar 2019 15:06 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Bocah yang viral karena mahir menggunakan sumpit ternyata pejuang kanker. Sejak masih berusia satu tahun, ia didiagnosa leukimia atau kanker darah.

Masih ingat dengan bocah yang viral lantaran piawai menggunakan sumpit? Video saat bocah laki-laki asal China itu sedang makan sempat berseliweran di media sosial baru-baru ini.

Bikin Haru! Bocah 2 Tahun yang Pintar Makan Pakai Sumpit Ternyata Pejuang KankerFoto: Istimewa

Di sana, Ia menikmati ragam sajian khas China menggunakan sumpit bambu tanpa kesulitan. Terlebih saat melahap mie kuah. Dilansir South China Morning (14/3), bocah itu bernama Haihai dan baru berusia 2 tahun

Jika dilihat sepintas, Haihai memang terlihat seperti balita pada umumnya. Pasalnya, aksi makan bocah berambut tipis itu terlihat menggemaskan.

Namun, dibalik wajah kalemnya yang asik memakan aneka sajian dengan lahap, Haihai ternyata menderita kanker darah. Saat berusia satu tahun, Haihai didiagnosa leukimia.

Bikin Haru! Bocah 2 Tahun yang Pintar Makan Pakai Sumpit Ternyata Pejuang KankerFoto: Istimewa

Sejak saat itu, ia menjadi lebih mandiri. Ia mulai belajar menggunakan sumpit. Berbeda dengannya, sang nenek justru menderita kanker payudara. Haihai bahkan selalu membantu sang nenek makan.

Ibu dan sang neneklah yang menjaga bocah pintar itu. Sebab ayahnya berada jauh darinya. Tak hanya lahap memakan ragam sajian, Haihai juga sudah terbiasa melahap obat-obatan. Ia bahkan mengunyah obat hariannya yang berbentuk tablet meski rasanya pahit.

Kemandirian serta rasa ingin sembuhnya terlihat jelas saat itu. "Dia anak yang kuat dan bijaksana serta punya hasrat yang kuat untuk tetap hidup," ungkap ibu Haihai pada SCMP.

Bikin Haru! Bocah 2 Tahun yang Pintar Makan Pakai Sumpit Ternyata Pejuang KankerFoto: Istimewa

Meski begitu, Haihai tetaplah anak-anak biasa. Terkadang ia menangis saat diberi suntikan obat oleh dokter. "Saat mendapat suntikan, sayalah yang harus memeluk tubuhnya. Saya memegangi kaki, kepala, dan membantunya mencapai posisi suntik yang benar" tutur ibu Haihai.

Video yang beredar luas di internet sebenarnya merupakan video yang direkam oleh ibu Haihai. Tiap sajian yang dimakan Haihai dibuat sendiri olehnya.

Di salah satu rekaman, Haihai bahkan mengucapkan terima kasih pada sang ibu karena selalu membuat hidangan lezat untuknya. Hal itu diungkap Haihai saat sedang menikmati sepiring gyoza.

Melihat hal ini, banyak netizen yang memberikan doa pada Haihai. Semoga lekas sembuh Haihai!

Baca juga: Gemas Banget! Balita Ini Pintar Makan Pakai Sumpit


SCMP News on Twitter

Meet Haihai: a two-year-old chopstick pro, and a strong little cancer fighter. https://t.co/l8BEiht8zJ

(dwa/odi)