Masakan Buatan Nenek Selalu Lebih Enak, Ini 5 Alasannya!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 17 Mar 2019 06:39 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bukan sekadar ungkapan, masakan buatan nenek atau ibu selalu lebih enak. Ternyata ada alasan hal ini bisa terjadi.

Pernah berpikir kenapa sup buatan nenek atau ayam goreng buatan ibu selalu bikin kangen saking enaknya? Hal ini ternyata dirasakan banyak orang di seluruh dunia. MSN (14/3) mengungkap alasan-alasan dibalik mengapa masakan orang tua rasanya lebih enak.

Baca Juga: 15 Tips Memasak Kuno ala Nenek Ini Berlaku Sepanjang Masa

1. Belajar di sekolah atau turun temurun

Masakan Buatan Nenek Selalu Lebih Enak, Ini 5 Alasannya!Foto: iStock

Di Amerika Serikat, zaman dahulu para wanita mempelajari teknik-teknik dasar masak di sekolah. Pelajarannya sederhana namun cukup detail seperti belajar merebus air dengan benar. Sementara di Indonesia, rata-rata nenek atau ibu kita mendapat pengetahuan memasak yang diturunkan dari orang tua mereka dulu. Selain itu, mereka juga kerap membantu masak di dapur sehingga jadi lebih paham soal bahan masakan maupun cara membuat sebuah hidangan.

2. Bertukar resep

Masakan Buatan Nenek Selalu Lebih Enak, Ini 5 Alasannya!Foto: iStock

Sering kali nenek saling bertukar resep andalan dengan teman-temannya. Mereka biasanya memiliki keahlian masak hidangan masing-masing. Misalnya ada yang jago buat hidangan utama atau ragam kue dan dessert. Saat potluck atau kumpul makan bersama, tak jarang mereka berbagi resep dan tips untuk membuat sebuah hidangan.

3. Membuat semuanya sendiri

Masakan Buatan Nenek Selalu Lebih Enak, Ini 5 Alasannya!Foto: iStock

Tak seperti sekarang dimana semua bahan makanan dan bumbu bersifat instan, dulu nenek kita belajar membuat semuanya sendiri. Roti, misalnya, benar-benar bikin di rumah dari tepung dan ragi sebagai bahan utamanya. Kadang nenek juga jago buat bakso sendiri yang diracik dari tepung dan daging giling. Keahlian ini umumnya berkembang seiring waktu.

4. Tahu bumbu yang pas

Masakan Buatan Nenek Selalu Lebih Enak, Ini 5 Alasannya!Foto: iStock

Soal bumbu juga tak kalah menarik. Nenek tahu takaran bumbu suatu hidangan yang pas, meski terkadang tak tahu pasti saat harus menyebut jumlahnya. Hal ini didapat dari pengalaman panjang mereka. Nenek umumnya tak percaya pada kenikmatan bumbu instan sehingga biasanya memilih untuk meracik sendiri semua bumbu hidangan seperti ayam goreng, soto, rendang, atau rawon.

5. Pakai cinta

Masakan Buatan Nenek Selalu Lebih Enak, Ini 5 Alasannya!Foto: iStock

Terdengar klise, tapi 'bumbu' cinta yang selalu nenek pakai dalam membuat hidangan untuk keluarganya adalah kunci kelezatan sebuah hidangan. Nenek seolah tak peduli lelah saat harus menyiapkan banyak makanan untuk jamuan keluarga. Ditambah lagi, anak dan cucunya merasa bernostalgia saat mencicip hidangan nenek. Cita rasa makanan pun semakin enak!

Baca Juga: Ini Sebabnya Masakan Ibu Selalu Terasa Lebih Enak daripada Makanan Restoran

(adr/odi)