Mulur Gurih Makanan Serba Keju

Beefsteak Hingga Sate Lebih Enak Ditambah Lelehan Keju

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 14 Mar 2019 17:30 WIB
Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini Foto: dokdetikFood/Dewi Anggraini
Jakarta - Tidak hanya camilan, lelehan keju mozarella kini semakin umum dipadu dengan makanan berat. Steak, pasta hingga ayam geprek makin enak dipadu dengan keju gurih.

Keju mozarella jadi salah satu keju paling populer di Indonesia. Meskipun beberapa restoran ada yang menggunakan raclette cheese sebagai pasangan makanan. Namun, rasanya sama-sama cocok di lidah orang Indonesia.

Beefsteak, ayam geprek, pasta hingga mie instan yang dipadu dengan lelehan keju mulur yang ternyata jadi kombinasi serasi.

1. Steak

Beefsteak Hingga Sate Lebih Enak Ditambah Lelehan KejuFoto: dok. detikFood

Memadukan steak dengan lelehan keju jadi sesuatu yang unik. Keju leleh yang digunakan untuk steak biasanya adalah jenis keju raclette. Selain raclette dari Swiss, beberapa jenis keju seperti mozzarella (Italia), gouda (Belanda), pepper jack (Amerika Serikat) dan red cheddar (Inggris) bisa dinikmati dengan daging sapi.

Steak daging sapi dengan keju tetap enak disantap dengan mashed potato, kentang goreng atau garlic rice yang beraroma gurih. Kalau tertarik mencoba steak keju Anda bisa mampir ke Willie Brothers.

Baca juga: Yummy! Steak dengan Paduan 5 Keju Leleh Mancanegara Ada di Sini

2. Ayam geprek

Beefsteak Hingga Sate Lebih Enak Ditambah Lelehan KejuFoto: Detikfood

Makanan ini jadi menu kekinian yang sudah sangat dikenal masyarakat luas. Potongan ayam goreng yang digeprek bersama dengan cabai rawit dan bawang putih ternyata cocok juga disantap dengan keju. Perpaduan pedas dan gurih berpadu menjadi satu.

Lelehan keju semakin menambah rasa gurih sajian ini. Enak dinikmati dengan nasi putih atau mie goreng. Ayam geprek keju sudah sangat mudah ditemui di kota Jakarta atau pun beberapa kota lainnya di Indonesia.

3. Pasta

Pasta jadi makanan berat ala Barat yang memang sering dipadu dengan keju. Tak hanya keju mozarella, keju cheddar atau pun parmesan juga sering dinikmati dengan sajian ini. Spaghetti, penne hingga macaroni yang dibuat dengan saus bolognese hingga saus carbonara jadi sajian yang paling cocok dengan keju.

Rasanya gurih dengan semburat rasa susu yang creamy. Wah, dijamin enak deh!

4. Sate taichan

Beefsteak Hingga Sate Lebih Enak Ditambah Lelehan KejuFoto: dokdetikFood

Penambahan keju leleh membuat hidangan yang satu ini lebih istimewa. Tak terkecuali pada sate taichan. Di beberapa gerai sate taichan seperti Sate Taichan Rakab ada sate taichan mozzarella. Lembaran keju ini dilelehkan dengan blow torch. Menghasilkan sensasi benang-benang mulur sekaligus rasa gurih saat disantap!

5. Bakso

Beefsteak Hingga Sate Lebih Enak Ditambah Lelehan KejuFoto: Detikfood

Siapa yang tak suka bakso? Selain dipadu dengan isian telur dan daging cincang. Bakso juga enak dinikmati dengan isian keju yang leleh. Rasa gurih daging dengan paduan keju yang creamy sangat enak. Jangan lupa tambahkan dengan mie dan sambal. Kuah kaldu gurih menambah rasa bakso keju nikmat.

Hampir semua warung bakso memiliki jenis bakso isi keju. Dan tentu peminatnya sangat banyak.

Baca juga: Gurih Kenyal Enaknya Bakso Isi Keju yang Mulur di Tempat Ini

6. Mie instan

Beefsteak Hingga Sate Lebih Enak Ditambah Lelehan KejuFoto: Instagram

Mie goreng hingga mie rebus juga ditambahkan dengan keju mulur nan lembut. Potongan keju mozarella yang dipanaskan dengan blow torch ini akan menghasilkan rasa yang nikmat. Santap selagi hangat agar keju lelehnya tak mengeras.

7. Nasi goreng

Beefsteak Hingga Sate Lebih Enak Ditambah Lelehan KejuFoto: detikFood

Nasi goreng keju bisa dikatakan unik. Beberapa penjual menjual nasi goreng dengan serutan keju di atasnya. Ada juga yang berinovasi dengan memberikan lelehan keju mozarella di atas nasi goreng komplet. Suwiran ayam, bakso hingga sayuran jadi pelengkap yang wajib ada dalam sepiring nasi goreng keju. (lus/odi)