Fakta Menarik Soal Pasar Ikan Toyosu atau Pasar Tsukiji Baru

Lusiana Mustinda - detikFood Kamis, 14 Mar 2019 15:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Pasar Ikan Toyosu merupakan relokasi Pasar Ikan Tsukiji. Di sini tempatnya lebih modern dengan fasilitas lengkap yang akan manjakan pengunjungnya.

Resmi pindah, kini para wisatawan bisa mencicip beragam sajian ikan segar di Pasar Toyusu. Ada sekitar lebih dari 600 pedagang ikan di Pasar Tsukiji yang berpindah ke Pasar Ikan Toyosu. Selain memiliki tempat pelelangan ikan tuna, pasar ini juga dilengkapi dengan beberapa penjual sayur, buah hingga restoran.

Pasar Tsukiji disebut-sebut Presiden Jokowi sebagai inspirasi membangun Pasar Ikan Muara Baru yang diresmikan kemarin (13/3). Berikut Ini beberapa fakta yang perlu Anda ketahui seputar 'Pasar Tsukiji Baru' atau yang kini berubah menjadi Pasar Ikan Toyosu.

Baca juga: Keren dan Bersih! Pasar Ikan Modern Muara Baru yang Diresmikan Jokowi

1. Lokasi Pasar Ikan Toyosu

Fakta Menarik Soal Pasar Ikan Toyosu atau Pasar Tsukiji BaruFoto: Istimewa

Pasar Ikan Tsukiji dijadwalkan tutup pada bulan November tahun 2016. Akan tetapi Pasar Ikan ini kemudian direlokasi ke Pasar lain dengan nama baru yang ada di tepi pantai Toyosu pada 11 Oktober 2018. Lebih dari 600 pedagang yang relokasi ke Pasar Toyusu.

Lokasi Pasa Ikannya ada di dekat Stasiun Shijome di Jalur Yurikamome di Tokyo Koto Ward. Sekitar 2 Km di sebelah Timur lokasi Tsukiji saat ini.

Pasar ini bertempat di tiga bangunan yang indah dan saling berhubungan. Dua lantai untuk seafood yang dijual secara grosir dan yang satunya lagi untuk pusat grosir buah-buahan dan sayuran. Ukuran Toyosu dua kali lebih besar dari ukuran Tsukuji.

2. Gratis masuk ke pasar

Fakta Menarik Soal Pasar Ikan Toyosu atau Pasar Tsukiji BaruFoto: Istimewa

Masuk ke Pasar Ikan Toyosu gratis. Anda dapat menonton lelang yang dilakukan di pasat ini. Area-area di sini dibuat steril dan dibuat jelas sehingga akses pengunjung yang datang ke sini sangat mudah. Anda dapat mampir ke 40 kedai makanan di bangunan grosis ikan dengan beberapa tempat pelelangan tuna.

Datang ke sini Anda tak perlu takut salah jalan. Karena sudah dilengkapi dengan penanda jalan yang memudahkan pengunjung berbelanja ikan dan seafood. Toyosu buka pukul 5 pagi hingga 5 sore dan tutup setiap hari Minggu dan libur Nasional.

3. Ada ruang khusus untuk pelelangan

Fakta Menarik Soal Pasar Ikan Toyosu atau Pasar Tsukiji BaruFoto: Istimewa

Pelelangan ikan tuna sering dilakukan di sini. Pelelangan pun selalu terjadwal, pernah waktu itu ada ikan tuna yang dilelang dengan berat 500 Kg. Area lelang tuna memiliki lantai berwarna hijau sementara itu area lainnya berwarna putih. Ini dilakukan guna untuk memeriksa daging merahnya.

Para pengunjung bisa melihat pelelangan ini. Dari atas ada jendela kaca yang bisa melihat dari kejauhan. Mulai jam 5 pagi, pelelangan ikan pun sudah dimulai.

4. Tak bisa membeli seafood eceran

Fakta Menarik Soal Pasar Ikan Toyosu atau Pasar Tsukiji BaruFoto: Istimewa

Untuk seafood Anda belum tentu dapat membeli makanan laut yang segar secara langsung. Namun, ada 530 toko yang menjual ikan dan produk makanan lainnya di area pasar ini sehingga Anda bisa membeli ikan dalam kemasan atau makanan yang diolah jadi sajian enak.

Kios-kios toko di Toyosu sangat modern dan canggih. Meskipun sangat higienis dan efisien, tapi tak memiliki pesona bangunan tua seperti Tsukiji.

Baca juga: Begini Suasana Lelang Ikan Tuna Pertama di Pasar Tsukiji yang Baru

5. Toko dan restoran di Pasar Toyosu

Fakta Menarik Soal Pasar Ikan Toyosu atau Pasar Tsukiji BaruFoto: Istimewa

Di lantai empat Anda akan menemukan lebih dari 100 toko dan restoran. Peralatan dapur, sayur dan kotak bento bisa didapatkan di sini. Beberapa aksesoris unik juga dijual di pasar ini. Di luar sekitar Pasar juga tersedia kafe hingga toko-toko sushi yang bisa di cicip.

Selain ikan, Anda juga bisa berbelanja buah dan sayur. Pilih buah-buah segar yang nikmat dan cocok jadi pelengkap makan ikan. (lus/odi)