Begini Suasana Lelang Ikan Tuna Pertama di Pasar Tsukiji yang Baru

Devi Setya - detikFood Kamis, 11 Okt 2018 18:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Para pedagang di Pasar Tsukiji sudah resmi dipindah ke Pasar Toyosu. Kegiatan lelang ikan tuna juga sudah dimulai di pasar baru yang lebih modern ini.

Jeritan bel berbunyi sebagai penanda dimulainya proses lelang ikan tuna di pasar Toyosu pada Kamis (11/10). Lelang ikan ini adalah kegiatan rutin yang biasanya diadakan setiap pagi di pasar ikan Tsukiji.

Ini jadi hari pertama proses lelang di pasar Toyosu. Meskipun lokasinya berpindah lokasi tapi aktivitas lelang tetap sama.
Begini Suasana Lelang Ikan Tuna Pertama di Pasar Tsukiji yang Baru Foto: Istimewa
Dikabarkan SCMP, Kamis (11/10) meskipun sebagian besar pedagang sudah berpindah dan mulai berjualan tapi masih banyak pengunjung yang merasa kecewa. "Kita ke sana dan kita tidak akan mendapatkan harga yang sama lagi mulai hari ini," kata Kiyoshi Kimura, salah satu pemilik jaringan sushi ternama Sushi Zanmai.

Baca juga : Tinggal Kenangan, Pasar Ikan Tsukiji di Tokyo Akan Segera Pindah

Pemerintah melakukan relokasi ke pasar baru karena pasar Tsukiji diklaim sudah melewati masa jayanya dan merasa khawatir dengan kebersihan di pasar tradisional ini.

Lokasi pasar baru ini terletak 2 km dari pasar Tsukiji. Fasilitasnya canggih dengan pendingin udara yang besar. Lokasinya juga cukup luas bahkan dua kali lipat dari luas pasar Tsukiji.
Begini Suasana Lelang Ikan Tuna Pertama di Pasar Tsukiji yang Baru Foto: Istimewa
Pasar Toyosu menempati bangunan di lokasi bekas pabrik gas dan tanah di kawasan ini disinyalir sudah terkontaminasi. Oleh karenanya pemerintah menghabiskan jutaan dolar untuk membersihkan sisa zat kimia yang dikhawatirkan akan membahayakan ini.

Kegiatan lelang ikan tuna di pasar Tsukiji awalnya adalah sebuah pertunjukan yang banyak didatangi wisatawan dari luar Jepang. Proses lelang tuna ini terbatas hanya bisa disaksikan 120 orang saja alhasil banyak orang rela antre pada malam hari demi bisa mendapatkan nomor antrian.

Walikota Tokyo, Yuriko Koike bersikeras jika lokasi pasar yang baru ini bisa menjadi tempat jualan ikan yang lebih canggih. Namun anggapan ini ditepis para pedagang ikan yang sudah puluhan tahun berjualan di Pasar Tsukiji. Lokasi baru ini menghilangkan sisi pasar tradisional yang asli.

"Suasana di sini tidak sama seperti di Tsukiji," kata Lionel Beccat, seorang koki berbintang Michelin yang sudah bertahun-tahun selalu datang ke pasar Tsukiji. "Untuk tingkat profesional, mungkin Toyosu lebih baik, tetapi pada tingkat sentimental, tetap yang menang adalah Tsukiji. Kepala mengatakan ya, tapi hati mengatakan tidak."
Begini Suasana Lelang Ikan Tuna Pertama di Pasar Tsukiji yang Baru Foto: Istimewa
Baca juga : Lelang Ikan hingga Jajan Sushi, Begini Suasana Seru di Pasar Ikan Tsukiji

Memang proses lelang berjalan lebih teratur dan rapi. Ikan di tata di tempat yang bersih lengkap dengan label beratnya. Namun pengunjung yang datang tidaklah sebanyak saat di Pasar Tsukiji.

Meskipun proses lelang sudah dimulai di tempat baru, beberapa orang masih melakukan unjuk rasa menyampaikan protes pada pemerintah setempat untuk tetap mengoperasikan pasar Tsukiji. Banyak yang menyarankan untuk tetap menjaga pasar Tsukiji sebagai warisan budaya. "Kami tidak ingin pindah, kami ingin tetap di sini. Kami memiliki lisensi komersial di sini dan kami tidak akan menyerah," kata seorang penjual ikan.




Tonton juga 'Pasar Tsukiji Mulai Dihancurkan':

[Gambas:Video 20detik]

(dvs/odi)