Telur Goreng Gosong dan Keras? Bisa Jadi Karena 5 Kesalahan Ini

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 13 Mar 2019 05:42 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Goreng telur terlihat gampang dilakukan. Padahal banyak orang bikin telur goreng terlalu matang atau lengket di wajan. Apa saja penyebabnya?

Menggoreng telur tidaklah semudah yang dibayangkan. Meski praktis, beberapa hal yang sering dilakukan ini justru menggagalkan telur goreng buatan Anda. Seperti 5 hal yang disebutkan Foodbeast (7/3) berikut.

1. Memecahkan telur di tepi wajan

Telur Goreng Gosong dan Keras? Bisa Jadi Karena 5 Kesalahan IniFoto: Istock

Bebarapa orang sering melakukan ini lantaran dianggap lebih praktis. Bagian tepi wajan datar memang terlihat pas untuk dijadikan tempat memecahkan telur. Sayangnya jika Anda memecahkan telur di bagian tersebut, akan ada retakan halus pada kulit telur. Hal ini justru membuat serpihan telur ikut masuk dan tergoreng bersama telur.

2. Membumbui telur

Telur Goreng Gosong dan Keras? Bisa Jadi Karena 5 Kesalahan IniFoto: Istimewa

Proses pembuatan telur ceplok memang lebih mudah dibanding telur orak arik ataupun telur rebus. Hanya saja jika Anda menabur garam terlalu banyak, telur ceplok yang seharusnya lezat justru malah keasinan. Namun satu hal yang perlu Anda catat, Anda harus langsung menabur garam begitu telur menyentuh wajan.

Selain itu, jangan menambahkan sedikit susu atau krim untuk membuat telur orak arik atau scrambled egg. Sebab menurut Direktur Makanan Bon App├ętit, Carla Lalli untuk membuat telur orak arik yang benar ialah dengan mengacak atau mengocok telur dengan garpu hingga setengah matang. Barulah dibumbui dengan garam. "Masak telur dengan butter dalam api sedang, aduk terus hingga mendapat tekstur telur yang Anda sukai," jelasnya pada This Is Insider (23/4).

3. Tidak memakai wajan anti lengket

Telur Goreng Gosong dan Keras? Bisa Jadi Karena 5 Kesalahan IniFoto: Istimewa

Untuk membuat telur ceplok yang lezat dan rapi bentuknya, sebaiknya saatmemasak telur gunakan wajan anti lengket. Jika tidak, telur justru akan melekat di wajan. Jadi begitu Anda angkat, bentuk telur akan rusak.


4. Menggunakan api yang besar

Telur Goreng Gosong dan Keras? Bisa Jadi Karena 5 Kesalahan IniFoto: Getty Images

Telur merupakan bahan yang mudah matang. Karenanya jangan gunakan api yang besar saat memasak telur. Jika tidak, Anda justru akan membuat telur terlalu masak dan kering. Akibatnya telur jadi keras dan kering teksturnya saat dimakan.

Untuk itu, goreng telur dengan dengan api sedang. Sesekali kecilkan api untuk memastikan telur matang secara merata.

5. Meninggalkan telur di wajan

Telur Goreng Gosong dan Keras? Bisa Jadi Karena 5 Kesalahan IniFoto: Recipes Hub

Terkadang beberapa orang sengaja membiarkan telur matang di atas wajan. Padahal meski api sudah tidak menyala, membiarkan telur di atas wajan justru membuat telur tetap alami proses pemasakan. Sebab wajan tersebut masih sangat panas. Sebaiknya langsung angkat telur goreng dan sajikan di atas piring makan.

Baca juga: Ini Waktu yang Pas untuk Hasilkan Telur Rebus yang Lembut (dwa/odi)