Di Ketinggian Gunung Semeru hingga Rinjani Tetap Bisa Jajan Cuanki dan Gorengan

Devi Setya - detikFood Selasa, 12 Mar 2019 18:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Logistik makanan memang jadi hal utama yang harus disiapkan saat hendak mendaki gunung. Kalau soal camilan, di beberapa gunung ada penjual makanan enak.

Banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum mendaki gunung. Selain persiapan fisik, perlu juga menyiapkan aneka makanan sebagai sumber energi.

Tapi selama perjalanan panjang mendaki gunung-gunung Indonesia, para pendaki akan berpapasan dengan beberapa penjual makanan. Aneka makanan ini bisa jadi camilan selagi beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak.

1. Gunung Papandayan
Di Ketinggian Gunung Semeru hingga Rinjani Tetap Bisa Jajan Cuanki dan GorenganFoto: Istimewa

Gunung Papandayan yang berlokasi di Garut, Jawa Barat ini jadi tujuan para pendaki pemula. Gunung dengan tinggi 2.665 Mdpl ini punya jalur yang landai dan jelas sehingga mudah dilalui.

Meskipun terbilang mudah dicapai, kontur gunung ini adalah kapur yang udara disekelilingnya udara dengan bau belerang yang cukup pekat. Perjalanan ini jelas membuat tenggorokan kering, tapi jangan khawatir karena di beberapa titik landai ada warung yang menyediakan makanan dan minuman.

Bahkan di pos tempat mendirikan tenda ada banyak penjual makanan. Jenis makanannya pun beragam mulai dari pisang goreng, bakwan hingga semangkuk bakso cuanki hangat.

Baca juga : Berada di Ketinggian 3.150 Mdpl, Warung Mbok Yem Jadi Warung Tertinggi di Indonesia

2. Gunung Prau
Di Ketinggian Gunung Semeru hingga Rinjani Tetap Bisa Jajan Cuanki dan GorenganFoto: Istimewa

Pemandangan alam yang memukau membuat banyak orang rela menempuh perjalanan panjang untuk mencapai puncak Prau. Gunung yang berlokasi di Wonosobo ini juga punya beberapa pos peristirahatan yang menawarkan aneka kudapan.

Di beberapa pos ada pedagang yang menawarkan pisang goreng hangat hingga tempe kemul khas Wonosobo. Gorengan hangat ini makin enak dinikmati dengan sambal kecap. Camilan hangat ini bisa jadi obat lapar sekaligus penghangat kala mendaki sore atau malam hari.

3. Gunung Semeru
Di Ketinggian Gunung Semeru hingga Rinjani Tetap Bisa Jajan Cuanki dan GorenganFoto: Istimewa

Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini jadi destinasi impian banyak pendaki Indonesia. Puncak Mahameru yang ada di ketinggian 3.676 Mdpl ini memerlukan kesiapan fisik yang kuat. Eitss tapi kalau merasa haus di tengah perjalanan, banyak yang menjajalan buah semangka potong.

Para pedagang semangka ini seolah menawarkan kesegaran pada para pendaki yang merasa haus dan lelah. Semangka-semangka segar ini dijual perpotong. Penjual semangka ini bahkan sampai ada di Kalimati, kawasan camp terakhir sebelum menuju puncak Mahameru.

Semakin tinggi lokasi pos maka semakin mahal juga harga per potong semangka ini. Siapkan uang kecil ya saat ke Semeru.

4. Gunung Merbabu
Di Ketinggian Gunung Semeru hingga Rinjani Tetap Bisa Jajan Cuanki dan GorenganFoto: Istimewa

Gunung dengan ketinggian 3.145 Mdpl ini diakui sebagai gunung terindah di Pulau Jawa. Udara sejuk dan suasana yang asri membuat para pendaki merasa segar dan lupa dengan beban harian di kota.

Di Merbabu ada satu warung yang bisa dijumpai setelah turun dari pendakian melalui jalur Wekas. Di sini pendaki biasa beristirahat sambil menikmati segelas kopi hangat. Tapi warung ini hanya buka pagi hingga pukul 20.00 malam saja.

Baca juga : Begini Gaya Makan Netizen Saat Naik Gunung, Panorama dan Menunya Bikin Ngiler!

5. Gunung Rinjani
Di Ketinggian Gunung Semeru hingga Rinjani Tetap Bisa Jajan Cuanki dan GorenganFoto: Istimewa

Pendaki-pendaki akan merasa tertantang kalau belum menjejakkan kaki di puncak Rinjani. Mendaki gunung dengan ketinggian 3.726 Mdpl ini membutuhkan banyak persiapan makanan karena perjalanan akan berlangsung cukup lama dengan medan yang tak mudah ditaklukkan.

Nah sebelum mulai mendaki ada baiknya menikmati makanan dulu di basecamp pintu masuk. Di sepanjang jalur pendakian Rinjani tak banyak pedagang makanan jadi upayakan membawa logistik yang cukup.

(dvs/odi)