Lezat dari Ranah Minang

Pasti Nikmat! 5 Rumah Makan Minang Legendaris di Jakarta

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 10 Mar 2019 12:22 WIB
Foto: dok. detikFood/Istimewa
Jakarta - Ada banyak rumah makan Minang di Jakarta, tapi 5 tempat ini legendaris karena sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Masing-masing punya lauk andalan yang selalu diincar.

Tak sulit menemukan rumah makan Minang di Jakarta. Mumpung libur, kamu bisa coba yang berbeda dengan menyambangi rumah makan Minang legendaris ini. Dijamin pilihan lauknya nikmat dan puaskan selera!

1. RM Surya

Pasti Nikmat! 5 Rumah Makan Minang Legendaris di JakartaFoto: dok. detikFood/Istimewa

Foto: dok. detikFood
Didirikan Haji Daswir Gazali pada tahun 1970, RM Surya kini berlokasi di Bendungan Hilir. Rumah makan ini sudah tersohor kelezatannya sampai-sampai mendiang Anthony Bourdain pernah mampir ke sini saat di Indonesia.

Dari banyaknya lauk Minang seperti ayam bakar, kalio hati sapi, telur dadar, paru goreng, dendeng kering, gulai kacang panjang, dan gulai kikil, banyak orang menjagokan rendang buatan RM Surya. Daging rendangnya empuk dengan balutan bumbu pekat bercita rasa gurih.

Rumah Makan Surya
Jl. Bendungan Hilir No. 5
Jakarta Pusat
Telepon: 021 5731474
HP: 081310032485
Jam buka: 07.00-21.30 WIB

Baca Juga: RM Surya: Saat Rendang Daging Legendaris Berbumbu Pekat Diaduk dengan Nasi Hangat, Lamak Nian!

2. RM Sepakat

Pasti Nikmat! 5 Rumah Makan Minang Legendaris di JakartaFoto: dok. detikFood/Istimewa

Foto: dok. detikFood
Kalau sedang di Melawai, mampirlah ke RM Sepakat yang sudah ada sejak 1967. Rumah makan ini didirikan H. Samsidar bersama almarhum sang suami. Awalnya rumah makan mereka ada di Panglima Polim, kemudian pindah ke Melawai sekitar tahun 1970.

Lauk yang bisa dicoba antara lain ayam gulai, ayam balado, ikan bawal bakar, gulai kepala kakap, gulai otak, tunjang, telur dadar, paru goreng hingga rendang. Untuk menu andalan harus coba gulai gajebo. Berupa sandung lamur yang dimasak asam padeh

RM Sepakat
Jl. Melawai IX Blok M No. 165
Telepon: (021) 7204712
Buka: 9.30-15.30 WIB

Baca Juga: RM Sepakat: Lamak Nian, Gulai Gajebo Legendaris Berpadu dengan Nasi Hangat!

3. Sari Bundo

Pasti Nikmat! 5 Rumah Makan Minang Legendaris di JakartaFoto: dok. detikFood/Istimewa

Foto: Sari Bundo
Sari Bundo sudah jadi langganan para menteri untuk bersantap. Lokasinya tersebar di beberapa tempat, tapi yang di Juanda kabarnya adalah gerai pertama. Sari Bundo sudah ada sejak 1967.

Pilihan menunya juga sangat beragam, namun yang paling terkenal adalah rendang dan ayam pop. Untuk ayam pop, potongan ayamnya gurih, empuk, dan manis. Makin enak ditambahkan sambal yang pedas dan segar. Soto Padang juga jadi andalan Sari Bundo karena menonjolkan rasa rempah yang kuat.

Sari Bundo
Jl. Ir. H. Juanda No.27
Jakarta Pusat
Telepon: (021) 3458343

4. Garuda

Pasti Nikmat! 5 Rumah Makan Minang Legendaris di JakartaFoto: Detikfood

Foto: detikvisual
Sedikit berbeda, Garuda menghadirkan konsep menu Minang-Melayu. Awalnya berdiri tahun 1976 di Medan. Sang pendiri, H. Bakhtar kemudian membuka Garuda di kota-kota besar Indonesia termasuk di Jakarta. Lokasinya ada di kawasan Hayam Wuruk.

Garuda menawarkan sekitar 40 menu dengan pilihan ayam gulai, ayam saos, udang cucuk, sambal terong, ikan teri bilis, dan gulai otak. Untuk menu uniknya ada kari kambing, dendeng brekele, kalio atau rendang jengkol, hingga sayur urap.

Garuda
Jl. Hayam Wuruk No. 105, Hayam Wuruk
Jakarta Pusat
Telepon: 021 6262940

5. Pondok Djaja

Pasti Nikmat! 5 Rumah Makan Minang Legendaris di JakartaFoto: dok. detikFood/Istimewa

Foto: Istimewa
RM Pondok Djaja ada di kawasan Gambir sejak 1969. Rumah makan ini tergolong rumah makan Minang tertua di Jakarta. Menunya juga sangat beragam seperti dendeng balado, ayam gulai, udang balado, kepala ikan, hingga rendang dan kikil.

Soal menu andalan, ayam goreng Pondok Djaja banyak dijagokan. Ayam gorengnya menggunakan ayam kampung dengan tekstur renyah hingga ke tulang. Pelengkapnnya serundeng gurih plus sambal petai pedas. Nikmat!

Pondok Djaja
Jl. Hasyim Ashari No. 13, Gambir
Telepon: 0216333662



Simak Juga 'Ini Loh Rahasia Bumbu di Balik Masakan Minang':

[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)