Kalau Ingin Tidur Lelap, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Jelang Tidur

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 08 Mar 2019 19:06 WIB
Foto: Istock Foto: Istock
Jakarta - Bukan asal kenyang pasti tidur jadi nyenyak. Banyak hal yang sebabkan gangguan tidur di malam hari. Terutama makanan yang dikonsumsi beberapa jam sebelum tidur.

Makanan punya banyak kandungan nutrisi. Selain membuat tubuh sehat juga bisa membuat tidur lebih nyenyak. Tetapi ada pula bahan makanan yang justru sebabkan gangguan tidur. Seperti 5 bahan makanan yang disebutkan oleh Dr. Neomi Shah selaku profesor sleep medicine di Gunung Sinai, Mesir.


1. Makanan pedas

Kalau Ingin Tidur Lelap, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Jelang TidurFoto: Istimewa

Dikutip dari Fox News (6/3), Dr. Neomi Shah menunjukkan bahwa makanan pedas menghasilkan perubahan kualitas tidur. Makanan yang mengandung banyak capsaicin atau senyawa yang membuat cabai pedas justru sebabkan perut mulas dan gangguan pencernaan.

Hal ini tentu sangat mengganggu kualitas tidur jika dikonsumsi di malam hari. Makanan pedas ini juga bisa mengacaukan suhu tubuh internal Anda. Karenanya suhu tubuh akan lebih panas meski di malam hari.

Baca juga:10 Makanan Ini Bisa Bantu Si Kecil Tidur dengan Nyenyak (1)

2. Makanan berlemak

Kalau Ingin Tidur Lelap, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Jelang TidurFoto: Istock

Jika Anda sudah tidur selama delapan jam, tapi masih merasa pusing saat bangun, ada baiknya kurangi asupan lemak dari makanan. Shah menjelaskan bahwa pola makan yang kaya kolesterol seperti makanan yang digoreng, daging, dan susu berkaitan dengan tidur yang tidak restoratif.

Sebaiknya hindari makanan tersebut dan makanlah makanan yang lebih menyehatkan. Shah juga mengaitkan pola makan Mediterania dengan penyakit insomnia. Dari sana, disimpulkan bahwa orang yang menjalani diet tersebut cenderung tidak mengalami insomnia. Sebab dalam pola makan itu, lemak yang ada bersumber dari konsumsi ikan dan kacang-kacangan.


3. Pati sederhana

Kalau Ingin Tidur Lelap, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Jelang TidurFoto: Instagram

Jangan terkecoh dengan rasa kantuk setelah makan karbohidrat atau makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti roti, kentang, dan nasi putih. "Pada awalnya (bahan tersebut) dapat meningkatkan rasa kantuk", jelas Shah.

Namun semua bahan itu justru mudah meningkatkan gula darah sehingga menyebabkan gangguan tidur. Shah juga menjelaskan jika Anda bangun dari tidur usai menyantap karbohidrat, tubuh Anda justru tidak merasa lebih segar.

4. Jus buah dan sayur

Kalau Ingin Tidur Lelap, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Jelang TidurFoto: iStock

Anda tidak dianjurkan untuk meminum air dalam jumlah banyak sebelum tidur. Hal itu juga berlaku pada jus buah dan sayuran yang mengandung banyak air. Seperti melon, mentimun ataupun seledri.

"Jika Anda makan makanan yang menyebabkan diuresis seperti melon, mentimun atau seledri. Makanlah bahan itu di pagi hari," jelas Shah. Sebab jika Anda memakannya sebelum tidur, tubuh akan terbangun di tengah malam untuk buang air kecil.

5. Minuman beralkohol

Kalau Ingin Tidur Lelap, Hindari Konsumsi 5 Makanan Ini Jelang TidurFoto: Istimewa

Minuman beralkohol kerap dijadikan 'teman' jika sulit tidur. Padahal, minuman ini justru memiliki efek yang sama seperti makan makanan tinggi karbo yang dikonsumsi sebelum tidur. Anda akan bangun di pagi hari dalam keadaan tidak fokus.

"Kami memiliki cukup data yang menunjukkan bahwa (alkohol) benar-benar mengganggu tidur dan mengurangi tidur REM (rapid eye movement)," jelas Shah.

Baca juga: Mau Tidur Lebih Nyenyak Malam Ini? Konsumsi Saja 4 Makanan dan Minuman Ini (dwa/odi)