ADVERTISEMENT

Ditemukan! Ramuan Minuman Untuk Kehidupan Abadi di Makam Kuno China

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 06 Mar 2019 13:50 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Baru-baru ini para arkeolog menemukan tabung misterius, di sebuah makam kuno yang ada di China. Tabung ini dikabarkan berisi ramuan untuk kehidupan abadi.

Sebuah pot perungu yang berisi cairan misterius, baru saja ditemukan dari dalam makam kuno. Cairan ini dikabarkan berusia lebih dari ribuan tahun lalu, dan menurut beberapa legenda, ramuan ini mungkin berasal dari Provinsi Henan. Cairan ini dipercaya sebagai 'elixir of immortality', atau ramuan yang menawarkan kehidupan abadi bagi siapapun yang meminumnya.

Baca Juga: Ada Makam Kuno dan Tulang Manusia Berusia Ribuan Tahun di Bawah Restoran Ini
Ditemukan! Ramuan Minuman Untuk Kehidupan Abadi di Makam Kuno ChinaFoto: Istimewa
"Ini adalah pertama kalinya, mitos obat untuk kehidupan abadi ditemukan di China," ungkap Shi Jiazhen, selaku ketua dari Institute of Relics and Archaeology, di Luoyang, dilansir dari Mirror UK (05/03).

"Cairan ini mengandung nilai yang signifikan untuk penelitian mengenai sejarah China kuno, dan hubungannya dengan keabadian dan evolusi peradaban China," lanjutnya.

Cairan aneh ini memiliki warna yang cenderung kuning, dan ditemukan dalam kedalaman 210 meter persegi di dalam makam kuno yang ada di kota Luoyang. Para tim arkeolog menemukan bahwa cairan ini memiliki aroma yang sangat kuat, mirip seperti wine.
Ditemukan! Ramuan Minuman Untuk Kehidupan Abadi di Makam Kuno ChinaFoto: Istimewa
"Ada sekitar 3,5 liter, warnanya kuning transparan, dan aromanya mirip seperti wine," jelas Shi.

Awalnya para arkeolog awalnya menyangka bahwa mereka menemukan minuman beralkohol. Tapi setelah diteliti lebih lanjut, ternyata cairan itu bukanlah jenis minuman alkohol. Cairan kuning itu mengandung campuran potasium nitrat dan alunit.

Menurut sejarah yang merujuk dari tulisan di jaman Tao kuno, dua cairan ini merupakan bahan untuk ramuan kehidupan abadi. Di mana cairan ini dapat membuat orang panjang umur.
Ditemukan! Ramuan Minuman Untuk Kehidupan Abadi di Makam Kuno ChinaFoto: Istimewa
Sementara itu para peneliti menyebutkan bahwa ramuan sejenis ini, memang sering ditemukan di jaman Dinasti Han Barat. Hingga saat ini, belum ditemukan apakah ramuan ini sudah dikonsumsi, atau hanya ditinggalkan di dalam makam sebagai ritual pemakaman di masa lampau.

Makanan dan minuman yang ditemukan di dalam makam kuno memang bukan pertama kalinya terjadi. Sebelumnya, banyak arkeolog yang menemukan sup tulang, hingga keju di dalam makam kuno.

Baca Juga: Keju, Wine hingga Sup Tulang Ditemukan Dalam Makam Kuno (sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT