Telur Mata Sapi hingga Nasi Uduk, Menu Sarapan Sederhana Kesukaan AHY

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 06 Mar 2019 05:17 WIB
Foto: Istimewa/Instagram
Jakarta - Komandan Kogasma Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), penggemar berat makanan Indonesia. Nasi uduk hingga telur mata sapi jadi menu sarapannya.

Politisi berusia 40 tahun ini, punya selera makanan khas Indonesia. Menurut sang istri, Annisa Pohan, ada beberapa makanan yang digemarinya.

Baca Juga: Begini Aksi Agus Yudhoyono Cicip Papeda hingga Burger Jumbo!
Telur Mata Sapi hingga Nasi Uduk, Ini Menu Sarapan Sederhana Kesukaan AHYFoto: Istimewa/Instagram
"Mas Agus suka empal buatan saya, ayam goreng, soto, pokoknya seleranya Indonesia banget," tutur Annisa dalam satu sesi wawancara di tahun 2017 lalu. Selain itu, rupanya ada makanan yang paling digemari AHY yaitu telur mata sapi.

Ternyata AHY sangat suka dengan telur mata sapi, dan sudah menjadi makanan favoritnya sejak dulu. Ia pun sering sarapan dengan telur mata sapi.
Telur Mata Sapi hingga Nasi Uduk, Ini Menu Sarapan Sederhana Kesukaan AHYFoto: Istimewa/Instagram
Tak hanya telur mata sapi, dalam beberapa kesempatan, AHY selalu menyempatkan waktu untuk sarapan di daerah yang sedang dikunjunginya. Seperti ketika berkunjung ke wilayah Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ia memilih menu sarapan nasi uduk khas Betawi. Selain menyantap nasi uduk, Agus juga memilih telur balado, bihun, orek tempe kering, gorengan, serta kerupuk untuk mengisi perutnya.

AHY juga gemar sarapan dengan tahu campur. Saat berkunjug ke Kabupaten Kuningan, AHY ditemani Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono, dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Ia memilih menu sarapan tahu campur (hucap kupat tahu) Ma Iroh yang legendaris.
Telur Mata Sapi hingga Nasi Uduk, Ini Menu Sarapan Sederhana Kesukaan AHYFoto: Istimewa

"Semua orang harus coba ini, saya rekomendasi bagi teman-teman yang ada di Kuningan untuk mampir makan di sini," tuturnya sambil menikmati hidangan tahu campur, yang terdiri dari tahu, kecap, dan bumbu kacang yang hangat.

Selain nasi uduk, AHY juga gemar sarapan dengan bubur, hingga nasi goreng rumahan.

Tak hanya AHY, menu sarapan para presiden di Indonesia juga tak kalah menarik. Seperti Presiden Soekarno sangat suka makan nasi jagung, sementara Presiden SBY suka makan tempe bacem.

Baca Juga: Sederhana dan Sedap, Menu Sarapan Favorit 7 Presiden Indonesia



(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com