Lezat dari Ranah Minang

Samba Uwok hingga Cangkuak, Ini Sambal Khas Minang yang Menggoyang Lidah

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 05 Mar 2019 19:15 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Rasanya tak lengkap menyantap hidangan Minang, tanpa aneka sambal pedas kaya rempah. Tidak hanya makanan yang beragam, Minang punya banyak racikan sambal enak.

Dari sambal cabai merah atau balado, hingga sambal cangkuak yang dibuat menggunakan air tajin khas Padang Panjang. Berikut 5 racikan sambal khas Minang dari Sumatera Barat, yang enak dan unik.

Baca Juga: Begini Racikan Sambal Lado Mudo khas Minang yang Pedas Mantap


1. Sambal Balado

Samba Uwok hingga Cangkuak, Ini Sambal Khas Minang yang Menggoyang LidahFoto: Istimewa
Sambal Balado khas Minang, merupakan salah satu jenis sambal yang populer di Indonesia. Di rumah warga Minang, sambal cabe merah ini selalu ada untuk menemani makan. Bahan-bahan dasar yang digunakan ada cabe keriting, tomat, bawang merah, dan putih, hingga daun jeruk.

Cara membuatnya juga terbilang sederhana, semua bahan kecuali daun jeruk direbus atau dikukus hingga lunak. Lalu diulek, dan dicampur dengan daun jeruk. Kemudian setelah itu sambal ditumis sebentar di dalam penggorengan, sehingga teksturnya agak basah dan rasa pedasnya semakin keluar.


2. Sambal Lado Mudo

Samba Uwok hingga Cangkuak, Ini Sambal Khas Minang yang Menggoyang LidahFoto: detikFood
Minang punya banyak sajian lezat yang menggoyang lidah. Salah satunya Sambal Lado Mudo (sambal cabe hijau). Dimakan dengan nasi hangat saja sudah bisa manjakan lidah!

Sambal yang satu ini sering tersaji di rumah makan Minang. Ternyata cara membuatnya tidaklah sulit. Hanya memerlukan cabe hijau segar, daun jeruk, batang serai, bawang merah, bawang putih, jahe, dan tomat hijau. Rasanya pedas dan segar. Kebanyakan orang Minang, sering menambahkan ikan teri hingga jengkol untuk pelengkap rasa sambal ini.


3. Samba Lado Tanak

Samba Uwok hingga Cangkuak, Ini Sambal Khas Minang yang Menggoyang LidahFoto: Istimewa
Kalau sambal yang satu ini, memang masih jarang ditemui di rumah makan khas Minang. Sambal ini sebenarnya berasal dari Tanah Datar, dan sudah menjadi salah satu masakan rumahan yang selalu disajikan oleh warga di sekitar Tanah Datar.

Bahan-bahan sambal ini terdiri dari cabe giling, santan kelapa yang sudah dimasak, ikan teri, petai atau jengkol, hingga telur rebus. Lalu aneka rempah seperti daun kunyit, asam kandis, sereh, dan jeruk. Rasanya pedas, gurih, dan harum.


4. Cangkuak

Samba Uwok hingga Cangkuak, Ini Sambal Khas Minang yang Menggoyang LidahFoto: Istimewa
Sambal unik yang satu ini berasal dari wilayah Padang Panjang, dimasak menggunakan air tajin atau air rebusan beras saat menanak nasi. Meski tidak menggunakan campuran santan, tapi sambal pedas yang satu ini tidak kalah enak.

Menurut historisnya, sambal cangkuak dibuat karena keterbatasan dan ketersediaan pangan pada saat itu. Sehingga air tajin pun disulap menjadi sambal enak, untuk pelengkap lauk. Bahan-bahan sambal ini ada cabe, tomat, bawang, petai, hingga tambahan ikan teri dan kerupuk kulit yang membuat rasanya semakin enak.


5. Samba Uwok

Samba Uwok hingga Cangkuak, Ini Sambal Khas Minang yang Menggoyang LidahFoto: Istimewa
Sambal yang satu ini awalnya dimasak menggunakan teknik 'uwok', atau mengandalkan panas uap dari kukusan di atas nasi. Sambal yang satu ini terkenal dan digemari masyarakat Minang, karena dapat membangkitkan selera makanan.

Bahan sambal ini cukup sederhana, cabe yang sudah digiling, dicampur dengan ikan teri, irisan bawang, dan garam. Lalu beri sedikit kuah dari air tajin, kemudian dikukus hingga matang dan lembut.

Baca Juga: Melacak Kembali Lamaknyo Sambal Lado Mudo

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com