Cara Masak Telur Rebus yang Praktis dan Pas Kematangannya

Dewi Anggraini - detikFood Jumat, 01 Mar 2019 18:44 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tak banyak yang tahu soal cara merebus telur dengan tingkat kematangan yang pas. Karenanya, ketahui trik merebus hingga menyimpan telur rebus mudah ini.

Supaya bisa membuat telur rebus sempurna, ada beberapa metode praktis yang bisa Anda lakukan. Jika Anda masih menggunakan metode klasik dengan panci, metode ini cocok diterapkan. Metode yang dilansir dari MSN (26/2) ini bisa Anda contek untuk merebus hingga menyimpan dengan benar

1. Rebus telur

Cara Masak Telur Rebus yang Praktis dan Pas KematangannyaFoto: Istimewa

Siapkan panci isi air secukupnya yang kira-kira seluruh permukaan telur bisa terendam. Kemudian rebus air tersebut. Setelah mendidih, barulah masukkan secara perlahan telur mentah. Matikan api dan biarkan telur hingga matang, kurang lebih selama 9-15 menit.

Jika Anda inginkan telur setengah matang, biarkan telur selama 6-8 menit. Setelahnya, angkat telur dan masukkan ke dalam wadah berisi air dingin hingga bagian kulit telur benar-benar dingin saat disentuh.

Waktu mendiamkan telur sebenarnya bergantung pada besar telur. Jika telur yang Anda rebus berukuran cukup besar seperti American Egg Board ukuran besar, sebaiknya diamkan dalam waktu 12 menit atau selama 15 menit jika telur berukuran sangat besar.

2. Mengupas kulit telur

Cara Masak Telur Rebus yang Praktis dan Pas KematangannyaFoto: Istimewa

Hal selanjutnya yang selalu jadi pertanyaan ialah bagaimana cara mengupas kulit telur dengan mudah. Sebenarnya pertanyaan ini tidak ada kaitannya dengan metode yang Anda gunakan untuk merebus telur. Tapi justru berkaitan dengan kesegaran telur. Telur yang berusia 7-10 hari masuk kategori telur yang mudah dikupas kulitnya usai direbus.

Tapi jika Anda tidak tahu berapa usia telur yang Anda punya, sebaiknya langsung letakkan telur ke dalam air es usai direbus.

Baca juga: Ini 5 Hidangan Telur yang Gampang dan Praktis Dibuat

3. Kuning telur berubah warna

Cara Masak Telur Rebus yang Praktis dan Pas KematangannyaFoto: Istimewa

Amankah mengonsumsi telur rebus dengan kuning telur yang sudah berubah warna? Sebab terkadang pinggiran kuning telur berubah warna menjadi hijau keabu-abuan.

Ternyata perubahan warna tersebut dikarenakan Anda membiarkan telur rebus terlalu lama atau lupa mengambil telur di air bersuhu tinggi. Meski terlihat tidak cantik, telur ini aman dikonsumsi.

4. Waktu penyimpanan telur rebus

Cara Masak Telur Rebus yang Praktis dan Pas KematangannyaFoto: Thinkstock/Pinterest

Aturannya, telur rebus bisa tahan selama satu minggu jika diletakkan di wadah kedap udara dan disimpan di dalam pendingin ruangan. Namun jangan letakkan telur di dalam freezer. Sebab hal itu justru membuat bagian putih telur mengeras.

Baca juga: 5 Bahan Sederhana Ini Bisa Bikin Telur Dadar Jadi Lauk Sarapan Enak (dwa/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com