Yuk, Contek Resep Mie Ayam Praktis Buatan Rumahan!

Tim detikFood - detikFood Rabu, 27 Feb 2019 17:43 WIB
Yuk, Contek Resep Mie Ayam Praktis Buatan Rumahan!/Foto: Istimewa Yuk, Contek Resep Mie Ayam Praktis Buatan Rumahan!/Foto: Istimewa
Jakarta - Mie ayam jadi makanan favorit banyak orang Indonesia. Sajian ini mudah ditemui di pinggir jalan, rumah makan, hingga restoran.

Bukan rahasia lagi kalau penjual mie ayam mudah ditemui di setiap sudut kota di Indonesia. Racikannya terdiri dari rebusan mie, minyak plus bumbu, suwiran ayam, sawi rebus, dan kuah sebagai pelengkap.

Versi sederhana mie ayam dijajakan oleh penjual gerobak. Biasanya dibanderol tak jauh dari Rp 10.000 - 15.000 per porsi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Harga ini tentu berbeda saat mie ayam sudah dijajakan di restoran.



Meski racikannya sama, penggunaan bahan baku dengan kualitas berbeda bisa membuat mie ayam di restoran lebih mahal. Belum lagi kalau ditambah topping seperti pangsit rebus, pangsit goreng, atau bakso.

Di Indonesia, mie ayam juga populer dengan sebutan bakmi. Mie ayam dibuat dari mie berbahan tepung terigu dan disajikan dengan kuah. Di atas mie ayam biasanya ditambahkan topping seperti potongan daging ayam, daun bawang, saus, dan sambal. Namun, di China biasanya mie ayam ditambahkan potongan daging babi.

Yuk, Contek Resep Mie Ayam Praktis Buatan Rumahan!Foto: Dok.detikFood


Saat menyebar di Indonesia, mie ayam berubah menyesuaikan selera orang lokal. Seiring perkembangannya, topping mie ayam yang sebelumnya potongan daging babi kini diganti dengan potongan daging ayam. Hal ini dikarenakan mayoritas kerajaan kuno Nusantara merupakan kerajaan Islam.

Kini mie ayam memiliki banyak varian dan tentunya dengan cita rasa menarik. Mie ayam memiliki rasa manis bercampur gurih dan lezat ditambah dengan rasa pedas dari sambal dan saus yang digunakan dalam satu mangkuk mie ayam ini.

Kini di Indonesia mie ayam sudah menyebar luas di tiap sudut kota, baik berupa kedai maupun gerobak. Sehingga jika ingin makan mie ayam, Anda tidak perlu mencarinya susah-susah karena di Indonesia sangat mudah ditemukan dimana pun.

Mie ayam yang spesial dan nikmat memang menjadi andalan dari pedagang kaki lima. Dalam membuat mie ayam tentu anda membutuhkan resep dengan tepat. Bagi yang ingin mie ayam namun malas untuk keluar rumah, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Membuat mie ayam di rumah akan menjadi kepuasan tersendiri untuk Anda. Anda bisa membuat sekaligus banyak untuk menu keluarga atau bahkan bisa dimakan sendiri. Membuatnya pun tergolong mudah.

Bahan umum untuk membuat mie ayam adalah minyak sayur, kecap asin, kecap manis, bawang putih, dan merica. Perlu Anda ketahui, pentingnya bumbu mie ayam karena hal ini sangat berpengaruh pada kelezatan masakan itu. Proses pembuatan mie ayam juga terbilang cukup mudah karena hanya melalui beberapa tahap saja.



Para pedagang mie ayam biasanya memiliki resep sendiri dan keahlian khusus dalam membuat mie untuk dagangan mereka. Jadi tentu para pedagang sudah mempersiapkan peralatannya dengan sangat lengkap.

Namun, untuk mienya sendiri, Anda tidak perlu repot-repot membuat dari awal. Karena kini Anda bisa membelinya di pasar. Selain itu, ada alternatif lain pengganti mie ayam yaitu mie instan. Anda bisa gunakan mienya saja untuk membuat mie ayam.

Saat ini di Indonesia sudah beragam sekali menu mie ayam, banyak nama yang mungkin kita temukan jika berada di pinggir jalan seperti, mie ayam spesial, mie ayam Bangka, mie ayam pangsit, dan lain sebagainya.

Meskipun namanya berbeda, namun Anda perlu ketahui bahwa proses pembuatannya sebenarnya adalah sama saja. Mungkin perbedaannya terletak pada topping pelengkapnya saja. Dalam membuat mie ayam, Anda juga perlu menambahkan beberapa topping sesuai keinginan dan selera seperti ditambahkan telur, potongan daging ayam, telur puyuh, ceker, pangsit, dan lain-lain.

Membuat mie ayam sebenarnya cukup mudah. Namun, untuk membuat mie ayam yang enak tentu membutuhkan percobaan berkali-kali. Dengan mencoba berkali-kali Anda dapat memperkirakan takaran bumbu yang pas dan nikmat di lidah.

Lantas bagaimana resep membuat mie ayam? detikFood punya resep mie ayam bangka dan yamien ayam yang bisa Anda jadikan panduan.

(nwy/adr)