Mau Masak Brokoli yang Hijau Cantik Seperti Bikinan Resto? Ini Tipsnya

Dewi Anggraini - detikFood Rabu, 27 Feb 2019 17:30 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Ternyata brokoli bisa renyah, enak, dan kaya rasa bila diolah dengan benar. Berikut cara pengolahan brokoli yang benar versi Leslie Durso.

"Brokoli sebenarnya enak jika dimasak dengan benar. Tapi saat dimasak dengan cara yang salah, sayuran itu akan lembek dan pahit," jelas Leslie Durso, pembawa acara 'Accidentally Vegan' pada TODAY Food (26/2).

Mau Masak Brokoli yang Hijau Cantik Seperti Bikinan Resto? Ini TipsnyaFoto: GettyImages

Pengalaman Durso soal sajian berbahan dasar sayur dan tumbuhan sudah tak diragukan lagi. Ia memasak ragam sajian vegan di Four Seasons Hotel Punta Mita. "Saya jadi penyuka sayuran sejak usia 7 tahun," tambahnya.

Durso sendiri paling suka memakan brokoli dengan cocolan saus, aneka saus. Menurutnya untuk membuat brokoli enak renyah, pastikan Anda membeli brokoli utuh yang bagus.

"Anda harus melihat brokoli utuh yang cantik (dan) memiliki warna hijau yang padat merata. Hindari brokoli utuh dengan bercak kekuningan kuning atau cokelat di beberapa sisi. Anda juga perlu memilih brokoli dan batang brokoli yang keras," jelasnya.

Mau Masak Brokoli yang Hijau Cantik Seperti Bikinan Resto? Ini TipsnyaFoto: iStock

Selain memilih brokoli yang kurang bagus, orang kebanyakan tidak memasak brokoli dengan waktu yang tepat. Sebab perbedaan teknik masak mempengaruhi waktu terbaik dalam memasak brokoli.

Dalam teknik mengukus, menurut Durso, brokoli paling pas dikukus di atas air mendidih selama 4-5 menit. Sedangkan untuk memblansir brokoli, Anda hanya perlu menyediakan sepanci air. Panaskan hingga air mendidih, masukan dua sendok garam dan brokoli. Lalu diamkan selama 60-90 detik. Setelahnya, angkat brokoli dan masukkan brokoli tadi ke dalam wadah berisi air es, lalu tiriskan.

"Metode ini bisa membuat brokoli yang renyah dan warnanya hijau cantik sempurna. Brokoli ini (kukus) cocok untuk dijadikan salad ataupun diberi perasan jus lemon dan disajikan untuk menu pelengkap. Teknik blansir merupakan teknik paling baik yang digunakan untuk membuat brokoli lebih renyah dengan warna yang cerah," ungkap Durso.

Mau Masak Brokoli yang Hijau Cantik Seperti Bikinan Resto? Ini TipsnyaFoto: Istimewa

Untuk merebus brokoli, siapkan 1.5 liter air. Lalu rebus air dan campurkan 2 sendok garam dan biarkan hingga mendidih. Setelahnya baru;ah masukkan brokoli dan masak hingga 2-3 menit lalu tiriskan.

Brokoli rebus ini paling pas disandingkan dengan pasta ataupun saus lemon cream, menurut Durso.

Begitupun saat memanggang brokoli. Durso menyarankan Anda untuk memanaskan oven di suhu 180 C. Lalu siapkan brokoli yang sudah dilumuri olive oil, garam, dan lada hitam.

Mau Masak Brokoli yang Hijau Cantik Seperti Bikinan Resto? Ini TipsnyaFoto: Istimewa

Kemudian susun brokoli tadi ke dalam loyang atau wadah tahan panas panggang dan panggang selama 20-30 menit. Warnanya akan sedikit kecokelatan tapi kaya rasa.

Terkhir ialah teknik memasak brokoli dengan microwave. Caranya cukup letakkan brokoli di wadah aman microwave dengan 3 sendok air. Kemudian tutup wadah tadi dengan baik dan panaskan selama 3 menit dengan suhu paling panas. Dari ketiga teknik tadi mana yang paling Anda suka? (dwa/odi)