Resep Ayam Penyet, Varian Ayam Goreng Favorit

Tim detikFood - detikFood Selasa, 26 Feb 2019 18:22 WIB
Resep Ayam Penyet, Varian Ayam Goreng Favorit/Foto: Dok. detikFood Resep Ayam Penyet, Varian Ayam Goreng Favorit/Foto: Dok. detikFood
Jakarta - Kreasi ayam goreng ada banyak versinya. Yang saat ini populer adalah ayam penyet dan ayam geprek dengan limpahan sambal super pedas.

Ayam penyet adalah masakan tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Berupa ayam goreng yang dihancurkan atau dipenyet dengan lembut lalu disajikan dengan sambal, irisan mentimun, dan berbagai lalapan lain.



Ayam penyet kini mudah ditemui di kota-kota besar di Indonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya. Banyak warung makan, rumah makan, hingga restoran menawarkan ragam kreasi ayam penyet sebagai menu andalan.

Yang terkenal dari ayam penyet adalah sambal super pedas sebagai pelengkap ayam goreng gurih. Biasanya terdiri dari campuran cabai, bawang merah, tomat, bawang putih, jeruk nipis, dan lainnya. Ulekan sambal ini selanjutnya dihidangkan bersama daging ayam yang sudah dipenyet hingga lembut.

Uniknya banyak tempat makan menawarkan berbagai tingkat kepedasan sambal ayam penyet. Ada yang pedasnya standar dengan sedikit cabai, namun ada pula yang super pedas dengan tambahan puluhan cabai rawit.



Meski terdengar menyeramkan, nyatanya banyak orang tertarik dengan ayam penyet super pedas. Mereka tertantang menghabiskan ayam goreng lembut dengan lumuran cabai rawit tersebut.

Selain enak, ayam penyet juga jadi favorit karena harganya relatif murah alias terjangkau. Rata-rata dibanderol di bawah Rp 20.000 sudah termasuk nasi hangat.

Resep Ayam Penyet, Varian Ayam Goreng FavoritResep Ayam Penyet, Varian Ayam Goreng Favorit/Foto: Dok. detikFood


Ayam penyet tidak jauh berbeda dengan ayam geprek. Hanya saja bumbu dan proses pembuatannya sedikit berbeda.

Ayam geprek lebih merujuk pada hidangan ayam goreng tepung yang diulek bersamaan dengan sambal. Ayam geprek bisa dibilang sebagai hidangan cepat saji yang memiliki citarasa khas nusantara.

Selain versi original, ayam geprek kini tersedia dengan tambahan keju. Makin enak karena kejunya berupa lelehan dengan paduan sambal rawit tadi.

Untuk sambal ayam penyet atau ayam geprek sebenarnya tidak ada aturan baku. Semuanya bisa diracik sesuai selera. Hanya saja ada penggunaan bahan umum seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan beberapa bahan lain.

Jika ingin mencoba resep ayam penyet yang mudah, enak, dan sederhana Anda dapat mencoba resep ayam penyet sambal mangga dari detikFood. Ayam penyet ini memakai sambal berbahan utama serutan halus mangga muda. Bahan lainnya ada cabai merah, cabai rawit, terasi, dan tomat hijau. (nwy/adr)