Kemana Kaviar dan Tiram Berlimpah Sisa Pesta Oscar Disingkirkan?

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 26 Feb 2019 10:29 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Puluhan kilo kaviar dan tiram yang disediakan Chef Puck di pesta usai Oscar ternyata tak habis dilahap para tamu. Lalu dikemanakan sisa makanan mewah itu?

Para selebriti Hollywood dimanjakan dengan aneka sajian mewah lezat buatan Chef Wolfgang Puck dalam pesta usai Oscar 2019 digelar. Acara tersebut diadakan di Governors Ball.

Kemana Kaviar dan Tiram Berlimpah Sisa Pesta Oscar Disingkirkan?Foto: Pinterest

Dikutip dari Food & Wine (25/2), Chef Puck menyajikan hidangan dengan limpahan tiram, Jamon Iberico, cokelat Oscar berlapis emas 24 karat dan uni atau bulu babi dengan puding tanpa telur, dashi, glasir unagi hingga finger lime.


Sekitar 200 chef dan 850 pelayan dikerahkan dalam perhelatan besar itu. Sebab akan ada lebih dari 60 kreasi sajian yang disiapkan untuk sebanyak 1.500 tamu undangan.

Karenanya dibutuhkan sekitar 15 kilogram kaviar, 15,8 kilogram tiram dari Burgundy, dan 240 kilogram daging wagyu Miyazaki. Wagyu ini terbilang langka sebab hanya sekitar 18.000 dari 28.000 sapi hitam yang ditangani oleh JA Miyazaki yang menghasilkan wagyu tersebut.

Kemana Kaviar dan Tiram Berlimpah Sisa Pesta Oscar Disingkirkan?Foto: Istimewa

Sayangnya, tidak semua bahan mewah itu habis dilahap ribuan tamu Oscar. Ada banyak makanan sisa di Academy Awards itu.

Semua sisa sajian mewah itu kabarnya akan disumbangkan ke warga yang membutuhkan. Tahun 2018, Chef Puck Catering mendonasikan sebanyak 3873 kilogram makanan untuk penduduk kelaparan lewat program Chefs to End Hunger.

Kemana Kaviar dan Tiram Berlimpah Sisa Pesta Oscar Disingkirkan?Foto: Istimewa

Program tersebut berada di dalam organisasi non profit bernama LA&SF Specialty. Organisasi itu juga yang mendonasikan makanan tadi ke Midnight Mission di Skid Row hingga tunawisma di Southern California serta warga kelaparan lain lewat World Harvest Food Bank di Los Angeles dan Bracken's Kitchen di Garden Grove.

"Jika semua nominasi Oscar dan orang-orang yang datang ke gala makan makanan premium, saya pikir orang yang kurang beruntung juga harus memakan hal yang sama," jelas Eric Klein sekalu Wakil Presiden Kuliner untuk Wolfgang Puck Catering, katering resmi Gubernur Ball selama 25 tahun terakhir.

Kemana Kaviar dan Tiram Berlimpah Sisa Pesta Oscar Disingkirkan?Foto: Istimewa

Lebih lanjut ia menjelaskan, "Pie ayam black truffle, kentang panggang dengan kaviar, dan semua hidangan sisa dikirim ke mereka."

Chefs to End Hunger sendiri didirikan pada tahun 2012. Bekerjasama dengan logistik yang ada di LA & SF Speciality yang sudah berhubungan lama dengan para chef, restoran, dan hotel di wilayah California, Nevada, dan Arizona untuk mendapatkan "limbah" makanan berkualitas tinggi untuk dibagikan ke penduduk yang membutuhkan.

"Restoran Wolfgang adalah beberapa yang pertama mengikuti (program itu)," jelas direktur program Chefs to End Hunger, Brette Waters.

Baca juga: Smoked Salmon Caviar hingga Winter Truffle Jadi Menu Mewah di Oscar 2019



Tonton juga video Deretan Menu Mewah yang akan Disajikan di Oscar 2019:

[Gambas:Video 20detik]


Kemana Kaviar dan Tiram Berlimpah Sisa Pesta Oscar Disingkirkan?


(dwa/odi)