Soto Nusantara Enak

Soto Aceh hingga Jambi Tak Kalah Enak Dengan Soto Jawa

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 26 Feb 2019 08:03 WIB
Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak
Jakarta - Banyak soto di Indonesia yang tak kalah enak dengan ragam soto populer. Salah satunya ada soto khas Aceh, Lampung, hingga Jambi.

Kaya akan beragam kuliner dari setiap daerah, aneka soto dari Aceh, Riau, Jambi, Belitung, hingga Lampung juga punya ciri khas dan cita rasa lezat yang sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: Jokowi, SBY hingga Prabowo, Punya Pilihan Soto Favorit, Apa Saja?


1. Soto Aceh

Soto Aceh hingga Jambi Tak Kalah Enak Dengan Soto JawaFoto: Instagram
Selain Mie Aceh yang enak dan kaya rempah, Aceh juga punya racikan soto istimewa. Sekilas tampilan soto Aceh mirip seperti soto Betawi, karena sama-sama menggunakan kuah santan.

Meski mirip tapi tetap ada yang membedakan soto Aceh ini, salah satunya terletak pada penggunaan rempah yang lebih banyak sehingga aromanya lebih harum dan menggugah selera. Sala Satu rempah yang digunakan ada daun salam, serai, kemiri, ketumbar, hingga jahe. Rasa soto ini juga semakin enak dengan potongan daging sapi yang empuk.


2. Soto Riau

Soto Aceh hingga Jambi Tak Kalah Enak Dengan Soto JawaFoto: Istimewa
Berasal dari Riau, racikan soto spesial ini menggunakan irisan daging sengkel dengan tambahan kuah santan yang gurih legit. Sama seperti soto Aceh, soto khas Riau ini juga menggunakan banyak rempah sehingga cita rasanya semakin kaya.

Penggunaan daging sengkel atau daging sapi bagian atas kaki juga menjadi ciri khas sendiri, karena tekstur daging sapi yang berbeda dengan soto daging lainnya. Salah satu rempah penguat rasanya ada serai, salam, pala, cengkeh, kemiri, hingga jahe.


3. Soto Lampung

Soto Aceh hingga Jambi Tak Kalah Enak Dengan Soto JawaFoto: Istimewa
Banyak soto mie yang berbeda di setiap daerah, kalau di Lampung ada menu Soto Mie Udang yang wajib dicipi kalau berkunjung ke sana. Soto Mie Udang ini tentunya menggunakan bahan dasar udang, rasa kuahnya semakin enak karena ada campuran kaldu dari udang.

Paduan mie telor dengan kuah yang teridi dari beberapa rempah seperti jahe, kemiri, kunyit, hingga ketumbar membuat soto mie ini semakin istimewa. Biasanya soto mie udang ini disajikan dengan ptoongan tahu hingga bubuk krupuk.


4. Soto Belitung

Soto Aceh hingga Jambi Tak Kalah Enak Dengan Soto JawaFoto: Istimewa
Berkunjung ke Bangka Belitung rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi sajian sotonya yang enak dan unik. Selain pemandangan alam dan lautan yang indah, kulinernya juga beragam. Di sini, Soto Belitung jadi salah satu makanan favorit warga Belitng.

Soto Belitung ini disajikan dengan lontong, tampilannya mirip seperti lontong sayur. Tapi rasanya berbeda, karena di sini soto Belitung menggunakan santan, dan irisan daging serta potongan kentang. Lalu soto ini disajikan dengan kerupuk dan taburan bawang goreng gurih.


5. Soto Jambi

Soto Aceh hingga Jambi Tak Kalah Enak Dengan Soto JawaFoto: detikFood
Di Jambi ada gerai Soto Ayam Candi yang sudah berjualan sejak tahun 1940an. Di sini tampilan sotonya, mirip seperti soto Madura. Bedanya rasa jahe dan rempahnya lebih terasa, dan dipadukan dengan kuah kaldu ayam yang menyatu dengan bumbu soto.

Soto ini dibuat tanpa santan, disajikan dengan irisan daging ayam, soun, hingga telur rebus. Biasanya soto ayam ini disantap dengan nasi putih hangat, dan sudah menjadi salah satu menu sarapan yang digemari warga Jambi.

Baca Juga: Pulang ke Solo, Presiden Jokowi Ajak Keluarga Makan Soto Gading

(sob/odi)
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com