Duh, Pekerja Ini Sengaja Banting Ikan Hidup ke Jalanan Sebelum Dimasak

Dewi Anggraini - detikFood Senin, 25 Feb 2019 16:00 WIB
Foto: Twitter/World of Buzz
Jakarta - Aksi pekerja di restoran seafood ini tuai kecaman warga Malaysia. Pasalnya ia sengaja membuat ikan mati dan lemas dengan cara membantingnya ke jalan aspal.

Kejadian tersebut berlangsung di sebuah restoran yang terletak di Kota Kemuning, Shah Alam, Malaysia. Restoran seafood bernama New O&S Seafood itu memiliki sebuah 'dapur' terbuka yang terletak di bagian samping belakang restoran.

Duh, Pekerja Ini Sengaja Banting Ikan Hidup ke Jalanan Sebelum DimasakFoto: Twitter/World of Buzz

Karena itulah, seorang pengguna Twitter bernama Hilmi Adi Ruzaini berhasil merekam kejadian tersebut. Dari rekaman video miliknya, terlihat jelas seorang pria yang mengenakan celemek berwarna hijau tengah mengambil seekor ikan berukuran sedang yang tengah tergeletak.

Setelah itu, ia justru melemparkan ikan tersebut ke jalan aspal dan ke dinding wadah besi yang ada dihadapannya. Hal serupa juga ia lakukan pada dua ekor ikan lain.

Baca juga:Jijik! Kantin di Universitas Malaysia Ini Kotor dan Dipenuhi Tikus

Duh, Pekerja Ini Sengaja Banting Ikan Hidup ke Jalanan Sebelum DimasakFoto: Twitter/World of Buzz

Pria itu seolah sengaja memegang kepala ikan di tangan kanannya agar bagian kapala ikanlah yang lebih dulu terkena jalan ataupun dinding besi. Entah apa tujuan pria tersebut melakukan hal itu. Tapi jika dilihat dari ekspresi dan tindakan rekannya, bisa dipastikan bahwa hal itu memang sudah biasa terjadi. Bahkan terlihat seolah 'biasa saja' dan dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada.

Hanya saja, Hilmi Adi Ruzani menuliskan bahwa pria itu sengaja melempar ikan hidup ke jalan untuk membuat ikan-ikan tersebut mati.

"Video diambil di bagian belakang Restoran New O&S Seafood di Kota Kemuning, Shah Alam, memperlihatkan seorang pekerja yang melempar ikan hidup ke jalanan untuk membunuhnya," tulis akun @HilmiAdi.

Duh, Pekerja Ini Sengaja Banting Ikan Hidup ke Jalanan Sebelum DimasakFoto: Twitter/World of Buzz

Hal itupun menjadi sorotan netizen terlebih warga Malaysia. Karena itu, Dewan Kota Shah Alam (MBSA) dikabarkan akan segera melakukan investigasi pada restoran seafood tersebut.

Pihak MBSA juga mengungkap bahwa kebersihan restoran tak hanya sebatas soal penyajian sajiannya saja. Tapi juga alat masak, tempat penyimpanan serta kondisi fisik dan kejiwaan para pekerjanya.

"Kami juga akan melihat bahan-bahan mentah yang digunakan dalam makanan dan minuman yang disajikan. Semuanya perlu dipertimbangkan guna kesehatan pengunjung," jelas kepala bidang komunikasi MBSA, Shahrin Ahmad.

Baca juga: Duh, Resto Seafood di Bandar Udara Kuala Lumpur Ini Bersihkan Ikan Di Lantai

Hilmi Adi Ruzaini on Twitter

Video taken at the back of Restoran New O&S Seafood in Kota Kemuning, Shah Alam, showing a worker throwing live fish on the road in attempt to kill it. People were shocked by the video and the practice, some boycotted the restaurant https://t.co/HrCz0ATYdo https://t.co/7oMBfloYYx

(dwa/odi)