Siapkan Uang Banyak Untuk Menikmati 5 Jenis Daging Termahal di Dunia Ini

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 24 Feb 2019 16:16 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak jenis daging yang memiliki harga selangit. Meski harganya mahal, jenis-jenis daging termahal di dunia ini masih punya penggemarnya sendiri.

Dalam dunia kuliner, hidangan ekslusif biasanya terdiri dari bahan-bahan makanan yang mahal. Atau menggunakan bahan dasar daging, dari beberapa jenis hewan yang punya harga tinggi. Untuk menikmati 5 jenis daging paling mahal di dunia ini, Anda harus siap merogoh kocek dalam.

Dilansir dari Foodbeast (24/02), berikut daftar 5 jenis paling mahal di dunia.

Baca Juga: Pencinta Daging, Mau Cicip Sandwich Wagyu Seharga Rp 2,3 Juta Ini?


1. Fugu

Siapkan Uang Banyak Untuk Menikmati 5 Jenis Daging Termahal di Dunia Ini Foto: Istimewa
Fugu sebenarnya masuk ke dalam jenis ikan yang cukup beracun, dan biasanya disajikan sebagai irisan sashimi yang segar di Jepang. Setidaknya ada 20-40 orang yang meninggal setelah menyantap ikan jenis ini, karena mengandung neurotoxins yang cukup tinggi.

Meski berbahaya dan beracun, setiap daging ikan fugu dihargai kisaran $135 per 500 gram, atau setara dengan harga Rp 1.890.000. Agar tidak berbahaya, diperlukan chef dengan keahlian khusus untuk menyajikan daging ikan ini menjadi sashimi yang enak.


2. Tuna otoro

Siapkan Uang Banyak Untuk Menikmati 5 Jenis Daging Termahal di Dunia Ini Foto: Istimewa
Sudah bukan menjadi rahasia lagi, bahwa hampir semua orang di Jepang menyukai hidangan sushi. Bahkan beberapa orang rela membayar harga yang tinggi, untuk menyantap sushi mahal yang terdiri dari irisan daging ikan tuna otoro.

Satu buah sushi dengan irisan daging tuna otoro, dihargai sekitar $24 (Rp 336.000). Tuna otoro sendiri punya tekstur daging yang lebih tebal, dan rasanya lebih kuat sehingga harganya terus meningkat di pasaran.


3. Jamon Iberico

Siapkan Uang Banyak Untuk Menikmati 5 Jenis Daging Termahal di Dunia Ini Foto: Istimewa
Daging ham bernama Jamon Iberico ini masuk ke dalam salah satu daging yang paling mahal di dunia. Berasal dari wilayah Spanyol, biasanya jenis babi Iberian dianggap ekslusif karena mereka mengonsumsi makanan seperti gandum dan biji pohon ek atau dikenal sebagai acorn.

Semakin banyak gandum yang digunakan untuk memberi makan babi, maka rasa daging ham nantinya akan semakin kaya rasa dan lezat. Sementara babi yang diberi makan acorn, punya rasa unik yang membuat daging ham ini menjadi mahal. Setidaknya potongan daging ham ini dihargai sekitar $140 (Rp 1.960.000) per 500 gram.


4. Kobe wagyu

Siapkan Uang Banyak Untuk Menikmati 5 Jenis Daging Termahal di Dunia Ini Foto: Istimewa
Daging sapi wagyu dari Kobe, sudah terkenal kelezatannya di dunia. Daging kobe termasuk ke dalam salah satu hidangan mewah, yang digemari banyak orang di seluruh dunia. Berasal dari Jepang, daging sapi dari wilayah Kobe punya banyak keunggulan. Salah satunya rasanya lebih enak saat diolah menjadi steak, dan punya kualitas yang tinggi.

Jumlahnya juga terbatas, sehingga harganya menjadi sangat mahal di pasaran. Untuk menikmati empuknya daging wagyu Kobe ini, Anda harus merogoh kocek sekitar $300 (Rp 4.500.000) per 500 gram.


5. Ayam Cemani

Siapkan Uang Banyak Untuk Menikmati 5 Jenis Daging Termahal di Dunia Ini Foto: Istimewa
Ayam cemani asal Indonesia, berhasil menempati posisi utama sebagai daging yang paling mahal di dunia. Ayam cemani ini memiliki warna hitam, hingga ke bagian daging, hingga semua organnya. Populasinya yang sangat sedikit, dan terbilang langka membuat ayam ini dicari di seluruh dunia.

Di Amerika sendiri, satu ekor ayam cemani bisa mencapai harga (Rp 35.000.000). Harganya terus meningkat karena populasinya yang terbatas. Harga ini terbilang sangat mahal untuk ukuran ayam, di mana biasanya satu ekor ayam biasa dihargai sekitar Rp 50.000 saja.

Baca Juga: Daging Wagyu Rekayasa Akan Dibuat di Dalam Lab (sob/odi)