Soto Nusantara Enak

5 Soto dari Luar Pulau Jawa Ini Rasanya Juga Nikmat

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 22 Feb 2019 18:52 WIB
Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak
Jakarta - Kebanyakan soto berasal dari Jawa, padahal ada banyak soto nikmat dari luar pulau Jawa. Lima soto ini, misalnya, terbukti tak kalah populer.

Menyebut soto sering kali orang hanya terbayang soto Lamongan, Kudus, atau soto Betawi. Soto-soto dari pulau Jawa itu memang terkenal enak, tetapi sebenarnya ada soto dari luar pulau Jawa yang tak kalah populer dan nikmat. detikFood (22/2) merangkum informasinya seperti berikut.

1. Soto Padang

5 Soto dari Luar Pulau Jawa Ini Rasanya Juga NikmatFoto: Istimewa

Foto: dok. detikFood
Bukan hanya sate, Padang juga punya soto enak. Racikan soto Padang terdiri dari daging sapi goreng kering, suun, dan perkedel kentang. Kuahnya bening dengan penggunaan banyak rempah hingga memunculkan aroma dan rasa gurih alami.

Pelengkap soto Padang adalah sambal merah plus kerupuk pink atau kerupuk kulit. Di Jakarta, racikan soto Padang enak dan legendaris ada di kawasan Pasar Baru. Namanya Soto Padang Mangkuto yang harganya Rp 38.000 per porsi.

Baca Juga: Diracik Sejak Tahun 1942, Soto Padang H. St Mangkuto Tak Pernah Berubah Rasanya

2. Soto Medan

5 Soto dari Luar Pulau Jawa Ini Rasanya Juga NikmatFoto: Istimewa

Foto: OpenRice
Masih dari pulau Sumatera, ada soto Medan yang wajib dicicip pencinta soto. Isian primadonanya udang, meski bisa juga berisi suwiran ayam, daging, atau jeroan. Kuah soto Medan juga terkenal lebih kental.

Kuahnya diracik dari beragam rempah seperti jintan, bawang putih, dan ketumbar. Penambahan santan membuat kuah soto Medan makin gurih, kental, dan enak. Soto Medan paling enak dinikmati bersama emping, perkedel dan nasi hangat.

Baca Juga: Sore Ini Enaknya Cicip Soto Medan yang Gurih Berempah

3. Soto Banjar

5 Soto dari Luar Pulau Jawa Ini Rasanya Juga NikmatFoto: Istimewa

Foto: Instagram chili_chilie
Soto Banjar merupakan menu khas Banjarmasin yang wajib dicicip. Kuahnya kaya rempah dengan paduan kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Kuahnya bisa bening atau keruh karena ditambahkan susu.

Soal isian, soto Banjar berisi suwiran ayam, perkedel kentang, telur bebek rebus, dan ketupat. Bisa juga dimakan dengan nasi hangat. Salah satu tempat menikmati soto Banjar enak di Jakarta adalah buatan Soto Banjar Nyaman.

Baca Juga: Soto Banjar Nyaman: Nikmat Menghangatkan Soto Banjar Gurih dengan Paduan Susu

4. Coto Makassar

5 Soto dari Luar Pulau Jawa Ini Rasanya Juga NikmatFoto: Istimewa

Foto: Instagram e_ndro
Makassar punya soto khas yang disebut coto. Isiannya adalah limpahan daging dan jeroan sapi. Sementara kuahnya berwarna cokelat keruh dengan rasa gurih. Ada pemakaian bahan khas pada kuah soto yaitu kacang tanah.

Aroma rempah yang kuat begitu tercium dari coto Makassar. Biasanya semangkuk coto dinikmati bersama buras dan ketupat. Enak juga ditambahkan sambal tauco.

5. Soto Sasak

5 Soto dari Luar Pulau Jawa Ini Rasanya Juga NikmatFoto: Istimewa

Foto: Instagram gendutinperut_
Jalan-jalan ke Mataram, pulau Lombok wajib cicip soto sasak. Nama sasak sendiri diambil nama suku asli Lombok. Isian sotonya lengkap yaitu ketupat, mi telur, telur utuh, tauge, potongan sayur kembang, daging dan tetelan sapi, taburan koya, plus bawang goreng.

Kuahnya sendiri diracik dari beragam rempah hingga menghasilkan rasa gurh enak. Biasanya soto sasak juga dinikmati dengan perasan jeruk nipis. Di Mataram, soto sasak enak bisa dicicip di warung Soto Tulen Amaq Ait di kawasan Kekalik.

(adr/odi)
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com