Soto Nusantara Enak

Ini 5 Rahasia Bikin Soto Kuah Santan yang Gurih Sedap

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 22 Feb 2019 12:30 WIB
Foto: detikFood Foto: detikFood
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak
Jakarta - Mendung begini enaknya menikmati semangkuk soto hangat. Dipadu dengan suwiran ayam, soto makin enak dipadu dengan santan gurih.

Rahasia kelezatan soto ayam terletak pada kaldunya. Penambahan santan segar juga bisa dilakukan agar rasanya semakin nikmat. Selain pemilihan ayam dan santan, berikut ini beberapa hal yang bisa diperhatikan saat membuat soto ayam santan enak.

1. Santan

Ini 5 Rahasia Bikin Soto Kuah Santan yang Gurih SedapFoto: iStock

Soto santan yang gurih enak harus memakai santan segar. Jangan memakai santan instan. Karena rasa santan segar lebih gurih dengan aksen rasa manis alami yang enak.

Jika ingin membeli kelapa untuk santan, sebaiknya pilih kelapa segar yang tua dengan daging tebal. Kupas bagian kulit luarnya kemudian parut dan peras hingga hasilkan santan yang sempurna.

Selain itu, Anda juga dapat langsung memarut di pasar. Asalkan pilih kelapa yang segar. Agar makin enak sebaiknya santan langsung dimasak atau bisa disimpan dalam freezer. Kalau ingin kurangi lemak, Anda juga dapat mengganti setengah takaran santan dengan susu rendah kalori.

Baca juga: Jokowi, SBY hingga Prabowo, Punya Pilihan Soto Favorit, Apa Saja?

2. Kaldu

Ini 5 Rahasia Bikin Soto Kuah Santan yang Gurih SedapFoto: Istock

Kaldu menjadi kunci rasa dari soto. Kaldu bisa dibuat dari tulang dan sayap ayam kampung. Yang terbaik untuk kaldu ayam jago kampung atau ayam berukuran besar. Jenis ayam ini menghasilkan kaldu yang gurih pekat.

Potong ayam menjadi 4 bagian atau lebih bisa ditambahkan ceker ayam. Masukkan ke dalam air mendidih, biarkan mendidih sebentar lalu angkat ayam. Buang air perebusnya. Ganti dengan air panas, didihkan kembali.
Masukkan ayam kembali dan rebus dengan api kecil hingga mendidih pelan hingga ayam empuk.

Masukkan bumbu tumis dan masak kembali hingga ayam lunak dan bumbu meresap. Angkat ayam dan tambahkan santan segar, didihkan dengan api kecil.

3. Bumbu

Ini 5 Rahasia Bikin Soto Kuah Santan yang Gurih SedapFoto: iStock

Untuk membuat soto ayam yang gurih Anda bisa menggunakan bumbu kuning. Bumbu halus kuning terdiri dari bawang putih, bawang merah, kemiri dan kunyit. Jangan lupa tambahkan daun salam, serai dan daun jeruk. Tumis sampai harum dan bumbu berbutir halus sebagai tanda sudah matang. Angkat dan masukkan dalam air kaldu dan santan.


4. Suwiran ayam

Ini 5 Rahasia Bikin Soto Kuah Santan yang Gurih SedapFoto: Istimewa


Ada dua pilihan untuk suwiran ayam. Tiriskan potongan ayam lalu suwir kecil dagingnya. Atau goreng ayam sebentar hingga agak kering lalu disuwir.


5. Sajikan dengan pelengkap lain

Ini 5 Rahasia Bikin Soto Kuah Santan yang Gurih SedapFoto: Istimewa

Pelengkap makan soto jangan dimasukkan ke dalam kaldu. Karena dapat membuat kuah soto keruh dan tak enak. Seduh tauge dan suun sebentar sampai lunak kemudian tiriskan. Sajikan juga dengan telur rebus, bawang goreng, jeruk nipis, kecap dan sambal rawit.

Makin enak disantap dengan nasi dan juga kerupuk. Nyam!

Baca juga: Mau Pilih Mana? Di Resto Ini Ada Soto Jokowi dan Nasi Goreng Prabowo (lus/odi)
FOKUS BERITA Soto Nusantara Enak