Iriana Jokowi Pilih Menu Khas Solo yang Nikmat untuk Sarapan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 21 Feb 2019 05:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sosok Iriana Jokowi menarik perhatian karena kesederhanaannya. Soal menu sarapan, wanita 55 tahun ini juga punya selera yang sederhana.

Menjadi ibu negara, Ibu Iriana cukup sering menemani aktivitas suaminya, Joko Widodo (Jokowi). Ia menikmati kesempatan berkeliling daerah sambil mencicip kuliner nikmat di daerah tersebut.

Saat bertolak ke Semarang, ibu 3 anak ini memilih sarapan soto legendaris buatan Pak Man. Sotonya berisi suwiran ayam dengan kuah bening plus taburan bawang putih goreng melimpah.

Iriana Jokowi Pilih Menu Khas Solo yang Nikmat untuk SarapanFoto: Istimewa

Soto Pak Man disajikan di mangkuk porselen kecil dengan pelengkap tauge dan suun. Layaknya soto Kudus, soto Pak Man menghadirkan ragam lauk seperti sate kerang, usus, telur puyuh, dan perkedel.

Baca Juga: Ke Semarang, Presiden Jokowi dan Iriana Pilih Sarapan Soto Pak Man

Selain soto Pak Man, Ibu Iriana juga menyukai racikan soto Gading di Solo. Rumah makan legendaris ini menyediakan soto dengan isian suun, suwiran ayam, taburan bawang merah goreng, dan seledri.

Lauk pelengkap sotonya ada perkedel, tempe bacem, sate usus, paru goreng, sate telur puyuh, sosis solo, babat, dan lainnya. Selain Jokowi dan Ibu Iriana, Soto Gading juga jadi favorit Soeharto, Gus Dur hingga SBY.

Iriana Jokowi Pilih Menu Khas Solo yang Nikmat untuk SarapanFoto: Istimewa

Ibu Iriana juga kabarnya menyukai sego liwet atau nasi liwet yang umum dinikmati sebagai menu sarapan di Solo. Racikan nasi gurih ini dilengkapi sayur labu siam, suwiran ayam, potongan telur, dan santan areh.

Menu pilihan Ibu Iriana yang lain adalah sate kere. Menu ini juga berasal dari Solo dan terkenal sebagai makanan merakyat dengan rasa nikmat. Sate kere diracik dari ampas tahu sebagai bahan utamanya.

Iriana Jokowi Pilih Menu Khas Solo yang Nikmat untuk SarapanFoto: Istimewa

Sate kere juga dilengkapi tempe dan siraman bumbu kacang. Beberapa versi memakai jeroan sapi dan gajih sapi sebagai variasi. Sate kere bahkan disuguhkan saat resepsi pernikahan Kahiyang di Solo.

Baca Juga: Potret Iriana Jokowi Saat Menenteng Minuman dan Makan Bareng Donald Trump

(adr/odi)