Ini Sambal Tumpang, Menu Andalan Ibunda Jokowi untuk Yusuf Mansur

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 20 Feb 2019 14:20 WIB
Foto: Instagram roemwhy Foto: Instagram roemwhy
Jakarta - Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo punya sambal andalan yang kerap ia sajikan untuk sang anak dan Yusuf Mansur. Seperti apa racikan sambalnya?

Dalam wawancara bersama detikcom kemarin (19/2), ustaz Yusuf Mansur membeberkan kedekatannya dengan ibunda Jokowi yang kerap ia sapa Ibu atau Eyang Noto. Bahkan menurut ustaz kondang itu dirinya sudah dianggap sebagai anak bungsu.

Setiap berkunjung ke Solo pun Yusuf Mansur dibuatkan menu nasi sambal tumpang spesial. "Aku sering dimasakin tumpang, sambel tumpang itu the best. Itu (buatan) eyang Noto. Dimasakin sendiri," ujarnya.

Ini Sambal Tumpang, Menu Andalan Ibunda Jokowi untuk Yusuf MansurIni Sambal Tumpang, Menu Andalan Ibunda Jokowi untuk Yusuf Mansur Foto: Instagram pippayo2018


Baca Juga: Kisah Yusuf Mansur Jadi Anak Bungsu Ibunda Jokowi

Sambal ini ternyata juga dibuatkan ibunda Jokowi untuk putranya. Dalam sebuah wawancara, wanita asal Boyolali ini mengungkap akan menyiapkan sambal tumpang saat anaknya pulang. Tak ketinggalan aneka rebusan seperti pisang dan kacang tanah.

Lalu seperti apa sambal tumpang yang kerap disajikan Ibu Sudjiatmi? Sambal tumpang merupakan sambal khas Solo dan Kediri. Kedua daerah ini sama-sama punya sambal tumpang, hanya saja penyajiannya berbeda.

Di Kediri, sambal tumpang disiram di atas ragam sayuran rebus seperti bahan pecel. Dengan kata lain, sambal tumpang menjadi pengganti sambal kacang yang biasa dipakai sebagai siraman pecel.

Ini Sambal Tumpang, Menu Andalan Ibunda Jokowi untuk Yusuf MansurIni Sambal Tumpang, Menu Andalan Ibunda Jokowi untuk Yusuf Mansur Foto: Istimewa

Sambal ini berkuah kental dengan aroma gurih pedas. Diracik dari tempe semangit (tempe yang fermentasinya dilebihkan, tetapi belum busuk), kencur, dan irisan daun jeruk sebagai bahan utama. Ada juga tambahan santan dan bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, cabe merah dan rawit, ebi, garam, hingga gula.

Sambal bisa diracik sangat pedas dengan isian tahu, tempe, dan kulit sapi kering. Bisa juga ditambahkan lemak dan urat sapi atau koyor sehingga disebut sambal tumpang koyor.

Sambal tumpang biasanya dimasak sehari sebelum disajikan. Makin lama disimpan makin enak, bumbu meresap dan ada jejak minyak dari santan yang makin gurih rasanya.

Ini Sambal Tumpang, Menu Andalan Ibunda Jokowi untuk Yusuf MansurIni Sambal Tumpang, Menu Andalan Ibunda Jokowi untuk Yusuf Mansur Foto: Instagram pawonebumurti

Sementara di Solo, sambal tumpang bisa langsung dituangkan di atas nasi dengan sedikit daun singkong rebus. Penyajiannya juga khas dengan tambahan karak yaitu kerupuk beras.

Menengok sejarahnya, sambal tumpang disajikan pada upacara siraman mempelai perempuan menjelang pernikahan. Maknanya adalah agar berkat Allah temumpang (tertumpang) bagi kedua mempelai dan semua orang yang menyelenggarakan hajatan.

Baca Juga: Resep Sambal: Sambal Tumpang

(adr/odi)