J-Hope 'BTS' Ulang Tahun, ARMY Korea Sumbang 128 Karung Beras Bagi Warga Tak Mampu

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 19 Feb 2019 10:30 WIB
Foto: dok. BTS J-Hope Foto: dok. BTS J-Hope
Jakarta - Fans BTS di berbagai negara semarakkan ulang tahun J-Hope dengan membuat ragam donasi bagi warga kurang beruntung. Salah satunya memberi 128 karung beras dan pangan gratis.

Salah satu personel BTS, J-Hope berulang tahun kemarin, 18 Februari 2019. Hari itu dimanfaatkan para fans BTS (ARMY) sebagai momen berbagi pada sesama. Para ARMY dari berbagai penjuru dunia berlomba membantu warga kelaparan.

J-Hope 'BTS' Ulang Tahun, ARMY Korea Sumbang 128 Karung Beras Bagi Warga Tak MampuFoto: iStock

Dilansir dari Soompi (18/2), ARMY Korea sendiri menyumbang sebesar 128 karung beras pada 14 Februari lalu untuk warga di kota Gwangju, tempat J-Hope dilahirkan. Mereka juga mengirimkan sebanyak 700 kilogram pakan kepada kelompok hak asasi hewan dan organisasi bantuan lain.

Baca juga: Ini Bukti Kalau Rap Monster, Leader 'BTS' Gemar Ngopi

Para penggemarnya juga merajut topi wol untuk bayi baru lahir yang menderita hipotermia. Hal itu dimulai lewat penggalangan dana untuk wanita yang dipaksa menjadi wanita penghibur. Mereka juga bekerjasama dengan KFHI (Korea Food for the Hungry International) untuk menyelenggarakan proyek "Hope On The Stop Hunger".

J-Hope 'BTS' Ulang Tahun, ARMY Korea Sumbang 128 Karung Beras Bagi Warga Tak MampuFoto: Istimewa

Proyek "Hope On The Stop Hunger" memberi bantuan pada anak-anak yang kelaparan di 53 negara, baik bantuan medis hingga makanan. Hingga kini, ada sekitar 500 ARMY dari 17 negara yang berkontribusi untuk kampanye tersebut.

Lain lagi dengan penggemar BTS di Inggris dan Peru. Di Inggris ada sebuah proyek yang membantu operasi bibir sumbing gratis bagi warga kurang beruntung. Para fans menjelaskan bahwa semua proyek yang mereka lakukan terinspirasi oleh J-Hope. J-Hope dikenal memiliki senyum menawan sekaligus jadi ikon positif.

J-Hope 'BTS' Ulang Tahun, ARMY Korea Sumbang 128 Karung Beras Bagi Warga Tak MampuFoto: Kevin Winter/Getty Images f

Para fansnya di Peru bahkan mampu mengumpulkan lebih dari $4.000 (Rp 56 juta) untuk menyediakan biaya bedah untuk 14 orang anak. Selain itu, jumlah uang yang dikumpulkan oleh penggemar untuk membantu pengungsi minoritas yang menghadapi kesulitan akibat kekerasan mencapai $3.700 (Rp 52 juta).

Hal ini disinyalir sebagai bentuk dukungan pada J-Hop. Sebab J-Hop sebelumnya dikabarkan mengisi kolom keinginan di hari ulang tahun dengan kalimat 'try to donate'. Tak heran kalau para ARMY di Korea, Inggris, Peru, Cina, Chili, dan beberapa negara bagian Eropa membuat sekitar 35 proyek donasi dalam memperingati hari lahir J-Hope.

Baca juga: Sebelum Terkenal di Dunia, Ini Makanan yang Sering Disantap Member BTS (dwa/odi)