Pemburu Ini Rela Bayar Rp 1,5 Miliar Untuk Bunuh Kambing Gunung Langka

Sonia Basoni - detikFood Senin, 18 Feb 2019 06:12 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kambing gunung yang sangat langka dan terancam punah di Pakistan berhasil diburu oleh pemburu handal/ Ia rela membayar miliaran rupiah agar bisa dapatkan kambing itu.

Astore Markhor merupakan jenis kambing gunung langka yang memiliki tanduk spiral tinggi, dan dinobatkan sebagai hewan nasional di Pakistan. Sayangnya, populasi kambing ini terus terkikis dan kini diambang kepunahan.

Baca Juga: Restoran Ini Pilih Lepaskan Lobster 'Cotton Candy' Langka Daripada Memasaknya
Pemburu Ini Rela Bayar Rp 1,5 Miliar Untuk Bunuh Kambing Gunung LangkaFoto: Istimewa
Apalagi ditambah dengan fakta banyak 'thropy hunter' atau pemburu handal, yang mengincar tanduk spiral milik Markhor untuk mereka panjang. Sementara banyak warga Pakistan, yang justru berburu kambing langka ini untuk disantap menjadi makanan.

Makhor sendiri dulunya merupakan jenis daging yang populer diolah sebagai makanan. Satu kambing Makhor bisa memiliki berat mencapai 90,7 kg, dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Sementara daging ini juga populer untuk dijadikan campuran obat tradisional di China, sehingga populasinya terus berkurang.

Baru-baru ini seorang pemburu handal asal Texas, Amerika, bernama Bryan Kinsel Harlan berani membayar uang sejumlah $110.000 (Rp 1,5 miliar), sebagai biaya izin untuk berburu kambing langka ini.
Pemburu Ini Rela Bayar Rp 1,5 Miliar Untuk Bunuh Kambing Gunung LangkaFoto: Istimewa
Harlan membagikan foto-foto perburuannya yang sukses, lengkap dengan satu ekor kambing Makhor yang berhasil dibunuhnya. Selain itu Harlan juga akan membawa pulang tanduk kambing sepanjang 41inci atau seukuran piala. Video berburunya ini kemudian ia bagikan ke Facebook, dengan medan bukit batu yang terjal, baru ia menembak kambing itu dalam jarak 200 meter.

Harlan juga terlihat bangga dengan hasil pencapaiannya ini. Ia kemudian mengambil beberapa foto dan berpose dengan salah satu kambing paling langka di dunia itu.

Harlan sendiri bukan satu-satunya pemburu yang rela membayar miliaran rupiah untuk mencari kambing ini. Di bulan Januari lalu ada dua warga Amerika, yang rela membayar Rp 1,5 miliar untuk memburu Markhor. Padahal para pemburu ini tahu bahwa Markhor sudah masuk ke dalam hewan yang terancam punah sejak tahun 1994.

"Kambing merupakan individu, bukannya piala. Retweet jika Anda berpikir bahwa berburu merupakan perilaku para monster," tulis organisasi perlindungan hewan PETA di akun Twitter mereka. Aksi Harlan ini tentunya menimbulkan pro dan kontra, sementara beberapa netizen menyebutkan bahwa ada alasan khusus mengapa pemerintah Pakistan melakukan hal ini.
Pemburu Ini Rela Bayar Rp 1,5 Miliar Untuk Bunuh Kambing Gunung LangkaFoto: Istimewa
"Pemerintah Pakistan sengaja memberikan harga yang mahal untuk setiap pemburu, di mana nantinya uang itu akan digunakan untuk melestarikan hewan yang akan punah di sana," tutur seorang netizen.

Di tahun 2015 lalu, terhitung populasinya hanya tingga 5,700 saja dan dikabarkan terus menurun. Selain menghadapi ancaman dari para pemburu, spesies kambing gunung ini juga mendapatkan banyak ancaman dari penebang kayu, petani, hingga peternak yang ingin memakan daging mereka.

Baca Juga: Ubur-ubur Langka Ini Punya Bentuk yang Mirip Rambut Donald Trump (sob/odi)