Iklan Santan Ini Dikritik Karena Klaim Dapat Memperbesar Payudara

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 15 Feb 2019 14:03 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Santan dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Selain membuat masakan jadi lebih enak, santan juga diklaim dapat memperbesar ukuran payudara.

Coconut Palm merupakan produsen santan terkenal asal China. Kini mereka tengah menjadi pusat perhatian, setelah mengeluarkan iklan berisi beberapa wanita menggunakan pakaian seksi, dan mengklaim bahwa santan dapat menambah ukuran payudara wanita.

Baca Juga: Santan Kental, Encer, dan Instan Punya Kelebihan Masing-masing
Iklan Santan Ini Dikritik Karena Klaim Dapat Memperbesar PayudaraFoto: Istimewa
Iklan ini dikritik dan mendapatkan respon yang kurang baik dari banyak orang. Setelah iklan itu mengatakan beberapa kata-kata yang provokatif.

"Minumlah (produk santan) ini setiap hari, lekuk (tubuh) Anda akan menarik perhatian orang-orang, juga menjadi lebih putih dan bulat,"

Selain kata-kata di iklan tersebut, bintang iklannya juga mengutarakan hal yang sama. "Saya meminum Coconut Palm. Meminum santan setiap hari bisa membuat payudara lebih besar," seperti yang dikutip dari SCMP (13/02). Iklan ini juga dihiasi dengan beberapa wanita yang berlarian, menggunakan pakaian ketat di tepi pantai.

Selain iklan yang kontroversial, Coconut Palm juga memasang iklan reklame yang mengklaim bahwa dengan mengoleskan produk santan mereka ke bagian payudara, sekaligus meminumnya akan memperbesar ukuran payudara. Banyak yang awalnya tidak percaya dengan iklan ini, dan menganggap bahwa ini hanya hoax semata.
Iklan Santan Ini Dikritik Karena Klaim Dapat Memperbesar PayudaraFoto: Istimewa
"Ketika pertama kali saya melihat iklan ini, saya pikir ini hanya hasil editan netizen saja. Tapi saya sadar bahwa ini merupakan foto asli, dan mereka benar-benar tidak bercanda," ungkap salah satu netizen di situs Weibo.

Banyak juga netizen yang kecewa dengan konsep marketing dari produk Coconut Palm ini, apalagi produk ini terbilang sudah lama dan terkenal di China, jadi iklan dengan konsep seperti ini seharusnya tidak dibutuhkan lagi.

"Apakah mereka benar-benar mencoba untuk menjual produk minuman? Iklan ini membuat mereka seperti perusahaan yang menjual produk pembesar payudara," pungkas netizen lainnya.
Iklan Santan Ini Dikritik Karena Klaim Dapat Memperbesar PayudaraFoto: Istimewa
Menurut Ava Kwong selaku profesor di University of Hong Kong, mengatakan bahwa dia belum pernah mendengar penelitian yang mengklaim bahwa santan memiliki hubungan dengan ukuran payudara.

Kini pihak pemerintah China, tengah menyelidiki lebih lanjut perusahaan Coconut Palm ini tentang klaim mereka di iklan tersebut.

Baca Juga: Puding dan Smoothies dari Santan Juga Gurih Enak


(sob/odi)