Makan 50 Buah Ceri Sekaligus, Wanita Ini Diare dan Pingsan

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 14 Feb 2019 20:20 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Buah ceri memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tapi jika dikonsumsi secara berlebih, buah ini bisa menimbulkan penyakit yang serius.

Seorang wanita bernama Wang, yang berasal dari Chongqing, China, harus dilarikan ke rumah sakit setelah mengonsumsi 50 buah ceri dalam satu waktu. Dilansir World of Buzz (14/02), wanita berusia 32 tahun ini awalnya tengah sibuk dengan persiapan pergi ke kota Wuhan, untuk merayakan Imlek di sana.

Baca Juga: Jika Terlalu Banyak Makan Buah Segar, Anda Bisa Alami Hal Ini
Makan 50 Buah Ceri Sekaligus, Wanita Ini Diare dan PingsanFoto: Istimewa
Saat itu ia menerima dua kotak berisi buah ceri segar dari salah satu saudara dan teman-temannya. Karena tidak ada siapa-siapa di rumah itu, ia memutuskan untuk mencuci ceri itu dan membawanya dalam dua tas yang berbeda, sehingga dia bisa menikmati buah itu dalam perjalanan menuju kota Wuhan.

Malangnya, beberapa hari kemudian Wang mulai merasakan rasa sakit di perutnya setelah dia turun dari pesawat. Ia langsung lari ke toilet yang ada di hotel, dan terkejut ketika fesesnya berwarna merah darah.

Diarenya itu terus belanjut, hingga dia sempat Buang Air Besar (BAB) hingga 20 kali dalam waktu yang singkat. Karena hal ini, ia sempat tak sadarkan diri di toilet. Pihak keluarga yang menemukan Wang, langsung melarikannya ke rumah sakit terdekat. Ketika diperiksa lebih lanjut, para dokter cukup terkejut ketika tidak menemukan hal yang serius di tubuh Wang.
Makan 50 Buah Ceri Sekaligus, Wanita Ini Diare dan PingsanFoto: Istimewa
Para dokter berpendapat bahwa feses Wang yang berwarna merah darah, sebenarnya bukan darah melainkan pigmen merah dari warna buah ceri. Apalagi Wang mengaku bahwa dia telah mengonsumsi 3 kg buah ceri segar selama lima hari berturut-turut, sehingga dalam satu waktu ia bisa menghabiskan 50 buah ceri.

Wang akhirnya didiagnosa menderita gastroenteritis akut, yang disebabkan terlalu banyak mengonsumsi buah ceri. Para dokter menyarankan orang-orang untuk tidak menyantap buah ceri lebih dari 20 biji dalam satu waktu. Apalagi asupan buah harian yang direkomendasikan hanya 400 gram per hari.
Makan 50 Buah Ceri Sekaligus, Wanita Ini Diare dan PingsanFoto: Istimewa
Sehingga tidak heran, Wang mengalami diare dan nyeri di bagian perut karena kejadian ini.

Baca Juga: Ikut Tantangan Mie Pedas, Wanita Ini Masuk Rumah Sakit dan BAB Darah (sob/odi)