Miniatur Kue Pengantin Donald Trump Resmi Jadi Milik Seniman Kontroversial AS

Dewi Anggraini - detikFood Kamis, 14 Feb 2019 10:24 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Miniatur kue pengantin Donald Trump dan Melania Trump akhirnya terjual di angka Rp 26 juta. Kue itu kini dimiliki oleh seorang seniman kontroversial Amerika.

Awal Februari lalu, RR Auction mengumumkan bahwa miniatur kue pengantin milik Donald Trump dan Melania Knauss punya banyak peminat. Pernikahan orang nomor satu di Amerika Serikat itu sendiri berlangsung pada Januari 2005 lalu. Lantaran banyak peminat, miniatur kue pengantin meraka akhirnya dilelang untuk amal.

Miniatur Kue Pengantin Donald Trump Resmi Jadi Milik Seniman Kontroversial ASFoto: Istimewa
Aslinya, kue pernikahan Trump terdiri dari tujuh tingkat dengan berat 200 pound atau sekitar 90,7 Kg. Menurut RR Auction, kue itu berharga Rp 700 juta.

Baca juga: Dilelang, Potongan Cake Pernikahan Donald Trump Berusia 12 Tahun

Sedangkan yang dilelang ialah miniatur kue yang memiliki ukuran tinggi dan diameter hanya 3 inchi atau sekitar 7,6 cm. Harganya ditaksir mulai dari $ 260 atau sekitar Rp 3,6 juta.

Miniatur Kue Pengantin Donald Trump Resmi Jadi Milik Seniman Kontroversial ASFoto: Istimewa
Namun bentuk miniatur kue tersebut sama seperti aslinya. Hanya saja terbuat dari chocolate truffle. Unutk hiasan bunga mawar putihnya dibuat dengan campuran buttercream. Kemudian dikemas dalam kotak berwarna putih gading dengan tulisan monogram emas bertuliskan "MDT".

Sedangkan kue pengantin yang asli terbuat dari sponge cake berwarna kuning yang dicampur dengan parutan kulit jeruk dengan paduan buttercream. Rasanya sangat khas karena kue tersebut sudah direndam dengan Grand Marnier.

Dikutip dari Fox News (14/2), miniatur kue tersebut berhasil terjual dengan harga $1,880 atau sekitar Rp 26 juta. Saat ini, miniatur kue pengantin yang berusia 14 tahun tersebut resmi menjadi milik Andres Serrano.

Miniatur Kue Pengantin Donald Trump Resmi Jadi Milik Seniman Kontroversial ASFoto: Istimewa
Andres Serrano merupakan seorang seniman yang kontroversial. Karya-karyanya sangat sensasional. Mulai dari foto-foto mayat hingga salib yang dicelupkan ke dalam urinnya sendiri. Tak heran kalau seniman ini sering mendapat kecaman dari beberapa pihak.

"Saya mendapat suatu ide dan ini lebih dari kue!," jelas Serrano dalam sesi wawancara dengan Vanity Fair begitu ia berhasil memenangkan lelang miniatur kue itu.

Miniatur Kue Pengantin Donald Trump Resmi Jadi Milik Seniman Kontroversial ASFoto: Istimewa
Sayangnya Serrano tidak ingin memberitahu apa tujuan serta akan diapakan miniatur kue pengantin Trump yang ia beli.

"Seniman bekerja dengan cara yang misterius. Anda tidak pernah tahu apa yang mereka lakukan! Saya tidak suka membicarakan sesuatu hingga saya siap membicarakannya," pungkasnya pada The Art Newspaper (12/2).

Baca juga: Ini Makanan yang Disantap Donald Trump Sepanjang Tahun 2017 (dwa/odi)