Nyam! Meski Imut Mini Durian Ini Dagingnya Tebal

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 12 Feb 2019 15:40 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta -
Berukuran lebih kecil, durian mini ternyata memiliki daging yang tebal dengan aroma yang kuat. Enaknya lagi, durian mini bisa dibuka dengan tangan kosong.

Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Thailand jadi negara penghasil sekaligus penikmat durian terbanyak di Asia. Ada banyak varietas durian lezat di tiap negara-negara tersebut.

Nyam! Uniknya Durian Mini Berdaging Tebal Beraroma Kuat Foto: istock
Contohnya saja, durian Medan, Petruk, Monthong hingga Sidikalang milik Indonesia. Malaysia dan Singapura punya durian Musang King yang tersohor kelezatannya. Sedangkan Thailand memiliki durian jenis Mon-thong, Kradumthong, CHa-nee hingga Kan-yao.

Dari sekian banyak jenis durian, Singapura punya durian mini. Hal itu terlihat lewat channel YouTube NOTCHBAD. Di sana, seorang pria asal Singapura mengulas rasa dari durian mini yang ia beli di penjaja durian pinggir jalan.

Baca juga: Waduh! Protes Durian Kurang Enak, Pria Ini Nangis Ditampar Durian oleh Penjual

Nyam! Uniknya Durian Mini Berdaging Tebal Beraroma Kuat Foto: Istimewa
Dalam vlog yang ia buat, durian mini itu memiliki ukuran sebesar kepalan tangan pria dewasa atau seukuran jeruk Navel yang besar. Tapi durian mini itu memiliki bentuk dan warna yang sama seperti durian pada umumnya. Hanya ukurannya saja yang berbeda.

Di awal video, pria itu menjelaskan bahwa durian mini yang ada dihadapannya bisa dibuka dengan tangan kosong. Jadi, tidak memerlukan pisau untuk membukanya.

Nyam! Uniknya Durian Mini Berdaging Tebal Beraroma Kuat Foto: Istimewa
Begitu dibuka, durian mini itu berisi satu buah daging durian. Dagingnya hampir memenuhi setengah cangkang buah.

"Aromanya mirip seperti aroma durian D24 daripada aroma Mao Shang Wang (Musang King). Jadi, saya prediksi kalau rasanya seperti rasa D24 dan Mao Shang Wang," tutur pria itu.

Menurutnya, rasa daging durian mini lebih kaya. Ia juga mengaku kalau rasa itu sesuai dengan seleranya.

Nyam! Uniknya Durian Mini Berdaging Tebal Beraroma Kuat Foto: Istimewa
Lewat video yang diunggah pada 3 Juli 2015 itu, diketahui kalau durian mini yang ia makan dibanderol sebesar 5 dolar Singapura (Rp 51 ribu).

Namun, durian mini ini agaknya tak hanya ada di Singapura. Pasalnya, Malaysia juga memiliki durian berukuran sama. Hal itu terlihat lewat channel YouTube DURIAN TRAVELER. Channel asal Indonesia itu mencicip mini cane di Negeri Jiran.

"Mini cane, tapi matangnya sempurna. Cuma dia kurang gizi atau kecentet mungkin bahasanya. Jadi kecil sekali," tuturnya.

Nyam! Uniknya Durian Mini Berdaging Tebal Beraroma Kuat Foto: Istimewa
Pria berkaus biru itu lantas mencicip rasa durian mini tersebut. Menurutnya, aromanya daging durian sangat kuat dan rasanya lezat.

Dari dua ulasan itu, dipastikan bahwa durian mini memiliki aroma yang lebih kuat dibanding durian berukuran besar.

Baca juga: Thailand Akan Kirimkan Durian ke Luar Angkasa untuk Para Astronot
(dwa/odi)