Sensasi Pulen Legit Durian Bakar Berpadu Ketan Kukus Khas Jombang

Enggran Eko Budianto - detikFood Selasa, 12 Feb 2019 09:30 WIB
Foto: Enggran Eko Budianto Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Durian bakar kini sedang jadi tren. Efek panas api arang bikin durian makin creamy. Apalagi jika disuap dengan ketan kukus yang pulen gurih. Mantap!

Kecamatan Wonosalam menjadi sentra penghasil durian di Kabupaten Jombang. Namun, berkunjung ke tempat ini terasa belum lengkap jika tak mencicipi durian bakar. Buah durian bakar ini kian nikmat dimakan dengan ketan hitam dan putih yang pulen.

Sensasi Pulen Legit Durian Bakar Berpadu Ketan Kukus Khas JombangFoto: Enggran Eko Budianto

Kuliner unik yang satu ini bisa dijumpai di Kedai Rumah Durian Bu Sulami, tepatnya di Dusun Sumber, Desa/Kecamatan Wonosalam. Sesuai dengan namanya, buah durian yang sudah dikupas lalu dipanggang di tungku dengan api arang. Sebagai variasi rasa, permukaan daging durian diolesi saus dari buah naga.

Penyajian durian bakar ini juga tak kalah unik. Memakai kulit durian yang dipotong mirip mangkuk. Setelah dipanggang selama 3-5 menit hingga warnanya kecokelatan, buah durian lantas ditata pada cekungan kulit tersebut.

Durian bakar diapit dengan ketan hitam dan putih kukus sebagai pelengkapnya. Sementara sebagai topping, ditambahkan irisan kelapa muda, jeruk manis, buah naga, daun mint, serta susu.

Baca juga: Legit Manis Durian Medan di Kios Acin Langganan Ahok

Tampilan durian ini jadi menarik dengan tambahan ketan kukus juga topping warna-warni. Sementara umumnya durian bakar dijual dalam bentuk. Durian utuh dibakar hingga kulitnya agak gosong kemudian dibelah dan dinikmati begitu saja. Kreasi durian di Jombang, Jawa Timur ini lebih menarik sebagai camilan atau dessert.

Sensasi Pulen Legit Durian Bakar Berpadu Ketan Kukus Khas JombangFoto: Enggran Eko Budianto

"Durian bakar sengaja kami padukan dengan ketan hitam dan putih supaya kental kesan Jawa Timurannya," kata Samiaji (45), pembuat sekaligus pemilik Kedai Rumah Durian Bu Sulami, Senin (11/2/2019).

Samiaji mengaku mencetuskan ide kuliner unik ini sejak 2017. Saat itu dia terinspirasi melimpahnya hasil panen durian di Wonosalam. Dia lantas membuat inovasi berbahan durian agar pengunjung yang datang ke Wonosalam tak jenuh menyantap durian.

"Satu porsi durian bakar porsi sedang Rp 18 ribu, kalau porsi besar Rp 25 ribu," terangnya.

Sensasi Pulen Legit Durian Bakar Berpadu Ketan Kukus Khas JombangFoto: Enggran Eko Budianto

Durian bakar kini menjadi primadona di Kedai Rumah Durian Bu Sulami. Mayoritas pengunjung yang datang mencicipi kuliner unik yang satu ini.

Seperti yang dilakukan Sugeng (43), pengunjung asal Kota Surabaya. Datang bersama anak dan istrinya, dia tak mau melewatkan kesempatan mencicipi kenikmatan durian bakar.

"Awalnya penasaran, ternyata rasanya enak, sajiannya juga unik," tandasnya. (lus/odi)