Begini Cara Bikin Keripik Kale Renyah ala Selebgram Acha Sinaga

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 07 Feb 2019 16:38 WIB
Foto: Instagram dan YouTube Acha Sinaga Foto: Instagram dan YouTube Acha Sinaga
Jakarta - Acha Sinaga rajin mengunggah video ke YouTube. Salah satunya resep praktis keripik kale yang enak menyehatkan. Gimana ya cara bikinnya?

Maria Dyer atau populer dengan nama Acha Sinaga rajin mengunggah video-video tutorial di YouTube. Selain soal riasan wajah dan rambut, wanita yang tinggal di Sydney ini juga membagikan cara masak praktis.

Beberapa waktu lalu ia membuat Crispy Kale atau keripik kale super renyah. "Kalian tahu kan aku lagi berpikir keras gimana caranya bisa kasih makan Andy sayur. Aku berhasil menemukan kale chips. Jadi kayak chips gitu, garing renyah tapi ini tuh sayur," tutur Acha di awal video yang diunggah 25 Januari 2019 ini.

Begini Cara Bikin Keripik Kale Renyah ala Selebgram Acha SinagaFoto: Instagram dan YouTube Acha Sinaga

Baca Juga: 10 Momen Kulineran Si Cantik Acha Sinaga di Australia

Ia memperlihatkan harga seikat kale di Australia AUD 2.8 atau sekitar Rp 28.000. Sebelum mengolahnya, sayuran hijau ini perlu dicuci. Acha menjelaskan, "Mau manasin oven juga suhunya 120 F. Sebenarnya ini harusnya di awal karena kita harus nunggu 10-20 menit untuk ngangetin ovennya."

Sambil menunggu, istri Andy Ambarita ini menyiapkan baking paper dan loyang panggang. "Aku rekomendasiin baking paper yang kayak gini karena aluminium foil lebih nggak sehat," kata Acha sambil menunjukkan baking paper yang bentuknya seperti kertas tebal.

Begini Cara Bikin Keripik Kale Renyah ala Selebgram Acha SinagaFoto: Instagram dan YouTube Acha Sinaga

Selanjutnya Acha memotong-motong kale. Ia memilih menggunakan daunnya saja karena sang suami tidak suka batang kale yang agak keras. "Jadi kita potong daunnya aja dari arah luar ke dalam. Ikuti alur daunnya," lanjut Acha.

Lembaran daun kale kemudian disusun di atas loyang dalam posisi tak saling menumpuk. Acha berujar, "Minyak aku pakai extra virgin olive oil spray. Di Australia banyak, tapi di Indonesia juga pasti ada. Semprotin merata ke kale." Ia juga menabur garam secukupnya. Jenis garamnya boleh apa saja meski ia merekomendasikan Himalayan Rock Salt.

"Aku masukkin ke oven selama 20 menit," jelas Acha soal langkah terakhir. Sambil menunggu keripik kale matang, wanita berdarah Batak ini mengungkap sejumlah manfaat kesehatan kale.

Begini Cara Bikin Keripik Kale Renyah ala Selebgram Acha SinagaFoto: Instagram dan YouTube Acha Sinaga

Ia menuturkan, "Kale mengandung sulforaphane bisa menghambat pertumbuhan kanker payudara. Kale baik bagi kesehatan jantung, mata, dan kalsiumnya lebih banyak dari susu."

Baca Juga: Ini 7 Fakta Khasiat Hebat Kale yang Perlu Anda Ketahui

Setelah kale matang, ia dan suami membuktikan kerenyahan kale ini. Benar saja, saat digigit terdengar suara kriuk yang menandakan kale begitu renyah dan garing!

Begini Cara Bikin Keripik Kale Renyah ala Selebgram Acha SinagaFoto: Instagram dan YouTube Acha Sinaga

Ide camilan sehatnya pun mendapat banyak respons positif dari netizen. "Bermanfaat sekali 💙 boleh ni kak perbanyak video yg begini," kata seorang netizen. Ada juga yang menulis, "Senengg kalo liat ka acha masakk!❤️ banyakin konten masaknya dong kakk hehe."

(adr/odi)