Ini 7 Fakta Khasiat Hebat Kale yang Perlu Anda Ketahui

- detikFood Jumat, 09 Okt 2015 11:51 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Kale menjadi superfood karena nutrisinya. Sayuran hijau ini kaya akan vitamin, mineral, dan fitonutrien yang bisa menangkal beragam penyakit.

Tapi jangan mengonsumsi kale berlebihan karena dapat menyebabkan kembung, gas dan sembelit. Kale juga mengandung banyak pestisida, sehingga lebih baik membeli kale organik. Berikut ini fakta tentang kale dilansir dari Fox News (08/10).

1.Antioksidan



Kale kaya akan sulfur yang dapat membantu menghasilkan glutathione, salah satu antioksidan yang paling penting dalam tubuh. Selain itu kale juga mengandung lutein dan zeaxanthin, yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh dan memperbaiki penglihatan.

2.Lebih baik dikonsumsi dengan makanan sehat



Kale memiliki cukup manfaat tetapi tubuh Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih jika Anda memasangkan kale Anda dengan makanan sehat lainnya. Misalnya bersama dengan lemak sehat, seperti minyak zaitun, alpukat, atau mentega almond.

3. Mencegah kanker



Dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research mencatat bahwa kale mengandung tingkat tertinggi untuk mencegah pencegahan, seperti fitonutrien glukosinolat. Hal ini dapat melindungi terhadap perkembangan tumor serta blok enzim yang terkait dengan kanker.

4.Mudah beradaptasi



Sayuran ini dapat disajikan bersama makanan lainnya. Lebih baik lagi jika mencampur kale dengan omelet ke dalam sarapan. Anda juga bisa mencampurkannya dalam salad untuk makan siang. Untuk makan malam Anda bisa menyajikannya bersama dengan ikan atau ayam. Kale juga dapat dijadikan camilan seperti keripik kale.

5. Mata sehat



Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam kale sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Karena mengandung antioksidan yang sangat dibutuhkan dan perlu diisi ulang secara teratur agar mata tetap sehat. Kale yang bagus berwarna hiau gelap, karena jumlah luteinnya lebih banyak dari sayuran apapun.

6. Tulang sehat



Susu bukan satu-satunya yang mengandung kalsium dan membuat tulang kuat dan sehat. Menurut National Osteoporosis Foundation, kale mengandung kalsium, yang dapat membantu dalam pencegahan pengeroposan tulang.Jumlah kalsium satu cangkir kale sama dengan satu cangkir susu.

7. Otak sehat



Kale mengandung banyak flavonoid dan zat besi, yang dapat mengurangi risiko stroke dan membantu membawa oksigen ke semua sel dalam tubuh. Menurut University of Maryland Medical Center bahwa omega-3 asam lemak yang ditemukan dalam kale dapat meningkatkan memori otak, fungsi, dan kinerja secara keseluruhan.

(msa/odi)