Restoran Sushi Tertangkap Sajikan Ikan yang Diambil dari Tempat Sampah

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 07 Feb 2019 10:46 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ikan untuk sushi selalu disajikan dalam keadaan segar. Tetapi restoran sushi pouler di Jepang ini justru tertangkap basah menyajikan ikan dari dalam tempat sampah.

Kura Sushi merupakan salah satu brand restoran terkenal, yang menyajikan menu sushi. Biasanya di setiap gerai Kura Sushi, para pegawai akan menyiapkan ikan segar sebelum disajikan kepada konsumen, sehingga para pengunjung tidak bisa melihat proses persiapan itu.

Baca Juga: Untuk Valentine, Gerai Sushi Ini Sajikan Ikan yang Diberi Makan Cokelat
Restoran Sushi Tertangkap Sajikan Ikan yang Diambil dari Tempat SampahFoto: Istimewa
Hingga sebuah video yang menyebar di internet, menampilkan situasi dari dapur milik salah satu cabang Kura Sushi. Dalam video itu terlihat seorang pegawai tengah sibuk mempersiapkan ikan yang akan disajikan sebagai sushi, yang tentunya membuat banyak orang terkejut ketika melihatnya.

Video itu dibuka dengan seorang pria yang menggunakan seragam Kura Sushi tengah memotong bagian ikan. Sambil tertawa dibalik maskernya, ia mengatakan bahwa ia akan membuang daging ikan tersebut. Hal itu dilanjutkan dengan sang pegawai yang benar-benar membuang ikan ke dalam tempat sampah penuh plastik kotor dan sisa makanan.

Sambil tertawa, pegawai itu langsung mengambil kembali ikan tersebut dari dalam tempat sampah dan kembali menyajikannya kepada pelanggan. Tentu saja video ini langsung viral di internet, dan mendapatkan kritik yang pedas dari para netizen.
Restoran Sushi Tertangkap Sajikan Ikan yang Diambil dari Tempat SampahFoto: Istimewa
"Saya yakin Kura Sushi pasti rasanya enak," kritik seorang netizen secara sarkastik. Tapi banyak juga netizen yang berpikiran bahwa semua ini hanyalah rekayasa yang sudah diatur, untuk meningkatkan popularitas atau motif lainnya.

Namun perwakulan Kura Sushi langsung mengonfirmasi kebenaran dari kejadian ini. Mereka memberikan pernyataan, sekaligus permintaan maaf kepada semua konsumen lewat situs resmi mereka.

"Lewat video yang diunggah di internet, kami telah menemukan bahwa seorang pegawai paruh waktu di cabang Kura Sushi di Moriguchi City yang berada di Osaka, telah melakukan tindakan yang pantas. Kami ingin menyampaikan penyesalan yang mendalam, atas tindakan yang merugikan para konsume kami," tulis Kura Sushi.
Restoran Sushi Tertangkap Sajikan Ikan yang Diambil dari Tempat SampahFoto: Istimewa
"Beberapa kejadian serupa juga dialami di cabang lainnya, sehingga perusahaan kami tengah mengambil langkah serius untuk menanganinya. Setelah menanyai pegawai tersebut, kami bisa mengkonfirmasi bahwa ikan yang sudah dibuang ke tempat sampah itu tidak disajikan untuk konsumen. Meski saat membuang ikannya tidak ada di dalam video,"

Meski begitu, masih banyak netizen yang tidak percaya dengan pertanyaan Kura Sushi. Mereka tidak yakin bahwa ikan itu kembali dibuang, apalagi diujung video, terlihat ikan itu kembali dipotong dan dibersihkan.

Baca Juga: Di Resto Ini, YouTuber Bisa Makan Sushi Sepuasnya Gratis! Di Resto Ini, YouTuber Bisa Makan Sushi Sepuasnya Gratis!


(sob/odi)