Rekor Dunia Makan Pangsit Tercatat Tepat Saat Imlek

Devi Setya - detikFood Rabu, 06 Feb 2019 17:20 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak cara dilakukan untuk memeriahkan momen Imlek. Seperti yang dilakukan masyarakat Australia yang menggelar rekor makan pangsit kelas dunia.

Dikabarkan Independent (6/2) rekor makan pangsit ini digelar bertepatan dengan perayaan Tahun Baru China atau Imlek. Bagi etnis Tionghoa, pangsit merupakan makanan yang melambangkan kekayaan.
Rekor Dunia Makan Pangsit Tercatat Tepat Saat ImlekFoto: Istimewa

Baca juga : Begini Trik Membuat Sup Pangsit yang Seenak Buatan Restoran

Bentuk pangsit yang menyerupai ingot emas yakni mata uang dinasti Ming di China menjadikan pangsit sebagai salah satu hidangan yang disantap saat Imlek. Menyantap pangsit saat Imlek artinya berharap kekayaan dan kesuksesan di tahun mendatang.

Semakin banyak pangsit yang dimakan maka semakin makmur orang tersebut. Hal inilah yang menjadi ide awal digelarnya rekor dunia makan pangsit.

Ada sekitar 764 orang berkumpul di Sydney untuk bersama-sama makan pangsit. Setiap orang yang berpartisipasi akan diberikan empat potong pangsit.

Jika dijumlahkan ada lebih dari 3.000 potong pangsit yang disantap di waktu bersamaan. Ini juga yang membuat aksi ini dinobatkan sebagai rekor dunia untuk makan pangsit terbanyak.

Sebelumnya, rekor dunia untuk makan pangsit dipecahkan pada 2013 lalu. Saat itu ada 750 orang bersama-sama makan yum cha atau dim sum di Melbourne.

Untuk mengalahkan rekor tersebut, kali ini peserta yang ikut semakin banyak dengan harapan agar rekor bisa dipecahkan sesuai harapan.
Rekor Dunia Makan Pangsit Tercatat Tepat Saat ImlekFoto: Istimewa

Berlokasi di Taman Tumbalong di Darling Harbour, setidaknya ada 100 meja yang disusun memanjang. Meja ini digunakan untuk meletakkan pangsit-pangsit yang akan disantap peserta.

Acara ini juga dipantau oleh juri resmi dari Guinness World Record yang siap memberikan sertifikat usai acara ini berlangsung. Sertifikat rekor dunia makan pangsit ini diterima oleh salah satu anggota dewan Kota Sydney, Jess Scully serta pembawa acara Amanda Keller dan Brendan Jones.

Baca juga : 5 Rekor Makanan Spektakuler Ini Diakui Guinness World Records

"Sydney dikenal karena beragam masakannya yang berkualitas tinggi dan beragam masakan dari seluruh Asia serta kue selalu menjadi favorit," kata Clover Moore, wali kota Sydney.

Di Australia sendiri, Tahun Baru China atau Imlek ditetapkan sebagai hari libur. Hal ini diputuskan Australia-China Trade Association karena mempertimbangkan banyaknya masyarakat yang merayakan Imlek di Australia. (dvs/odi)