Begini Trik Membuat Sup Pangsit yang Seenak Buatan Restoran

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 05 Jun 2018 07:45 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Sup pangsit hangat cocok dinikmati saat berbuka. Pangsit dengan isian ayam dan udang rasanya gurih mantap. Apalagi jika dimakan hangat.

Sup pangsit atau pangsit kuah atau Wonton Soup biasanya jadi menu andalan restoran Asia atau China. Untuk membuat sendiri caranya tidak sulit. Apalagi jika Anda sudah punya stok kaldu ayam.

Untuk mendapatkan sup pangsit yang enak sedap, beberapa hal perlu diperhatikan. Mulai dari pemilihan bahan hingga tahap akhir penyajian.


1. Kulit pangsit
Jika tak sempat membuat kulit pangsit sendiri, kini banyak dijual kulit pangsit siap pakai. Ada berbagai jenis. Mulai yang berwarna putih hingga kekuningan. Ada yang bundar dan ada yang segi empat.

Ada baiknya tanyakan pada penjualnya. Karena biasanya kulit pangsit untuk direbus atau untuk sup berbeda dengan kulit pangsit untuk digoreng. Belilah secukupnya dan pilih yang baru dibuat.

Begini Trik Membuat Sup Pangsit yang Seenak Buatan RestoranFoto: iStock

2. Kaldu
Kaldu menjadi kunci rahasia kelezatan sup pangsit. Sebaiknya gunakan kaldu ayam yang bening. Lebih baik lagi jika Anda sudah punya stok kaldu sehingga tak perlu repot membuatnya. Didihkan kaldu ini dan bumbui dengan bawang putih cincang yang ditumis kekuningan, lada bubuk dan garam secukupnya.

Begini Trik Membuat Sup Pangsit yang Seenak Buatan RestoranFoto: iStock

3. Adonan isi
Untuk isian pangsit bisa dipakai daging ayam cincang saja. Atau campur dengan sedikit udang cincang. Sebaiknya gunakan daging ayam dengan tambahan sedikit lemak agar lebih gurih rasanya.

Aduk ayam cincang ini dengan sedikit daun ketumbar yang dicincang halus. Lalu bumbui dengan bawang putih parut, lada bubuk dan garam serta sedikit minyak wijen. Aduk hingga seluruhnya tercampur rata.

Begini Trik Membuat Sup Pangsit yang Seenak Buatan RestoranFoto: iStock

4. Membentuk pangsit
Mengenai bentuk atau lipatan pangsit bisa dibuat bentuk seperti kapal. Atau dilipat segitiga kemudian satukan kedua sisi kiri dan kanan sehingga bentuknya agak bulat. Sebaiknya isi dan bentuk pangsit lalu taruh dalam wadah tertutup dalam lemari es. Saat akan disajikan tinggal direbus dan diberi kuahnya.

Begini Trik Membuat Sup Pangsit yang Seenak Buatan RestoranFoto: iStock

5. Pelengkap
Untuk menyajikan pangsit, rebus pangsit dalam air mendidih hingga matang lalu tiriskan. Sebaiknya jangan merebus dalam kaldunya, karena lapisan tepung pada kulitnya akan membuat kaldu jadi keruh.

Sebagai sentuhan akhir, tambahkan beberapa tetes minyak wijen pada kaldu agar aromanya wangi. Tuangkan kaldu pada pangsit rebus lalu taburi daun bawang iris. Jika suka sup pangsit bisa dilengkapi dengan sawi manis atau bokchoy rebus. Nikmati sup ini dalam keadaan hangat.

(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com