Sosok Seram Ini Diyakini 'Bertugas' di Rumah Makan dengan Pelaris

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 06 Feb 2019 16:30 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Bukan rahasia lagi kalau beberapa rumah makan memakai pelaris. Ada media aneh yang dipakai hingga memunculkan sosok ghaib pelaris makanan.

Beberapa media pelaris yang umum dipakai warung makan adalah kain kafan, air rendaman luka, hingga celana dalam bekas. Pemakaian media ini lalu memunculkan sosok tertentu. Bagi yang bisa melihat makhluk gaib, sosok ini bermacam-macam bentuknya. Akun Instagram @kisahtanahjawa merangkumnya seperti berikut.

Baca Juga: Ronggeng dan Kain Kafan, Pelaris Bisnis Kuliner yang Banyak Dipakai

1. Manusia cebol
Media pelaris celana dalam bekas mengharuskan penggunanya mencuri celana dalam bekas lalu menyerahkannya pada dukun untuk 'diolah' dengan mantra tertentu. Celana dalam ini nantinya dimasukkan dalam rebusan air kuah supaya cita rasa makanan enak dan menarik perhatian pengunjung.

Pemakaian media ini rupanya memunculkan sosok jin negatif berupa manusia kerdil atau cebol. Mereka juga berekor dan memiliki mata besar yang terus melotot. Ada juga siluman melata yang bertugas nongkrong di dekat panci tempat rebusan kuah. Ketika sosok ghaib ini buang air, hasilnya sengaja dimasukkan ke dalam kuah tadi yang diyakini mampu menambah kenikmatan masakan.

2. Pocong meludah

Sosok Seram Ini Diyakini 'Bertugas' di Rumah Makan dengan PelarisFoto: iStock

Pocong adalah sosok ghaib yang muncul ketika kain kafan dan tanah kuburan digunakan sebagai media pelaris. Pocong akan meludah serta meneteskan cairan yang ada di hidungnya untuk tiap masakan dan minuman yang disajikan restoran.

Bagi mereka yang bisa melihat makhluk gaib, cairan ludah dan lendir itu berbau busuk seperti mayat. Terkadang juga wujud makanan dipenuhi belatung. Tapi jika orang biasa yang menikmatinya, makanan terlihat biasa saja dan justru terasa enak.

3. Pocong diam
Selain meludah, pocong di rumah makan dengan pelaris juga ada yang diam. Biasanya mereka berdiri mematung di depan parkiran atau di samping kasir. Meski diam, pocong menebar hipnotis agar orang merasa ketagihan datang.

Pocong juga diberi 'makan' berupa sesaji seperti minyak-minyakan atau bunga. Pemberian 'makannya' bervariasi bisa 7 hari sekali, 35 hari sekali, atau pada waktu bulan purnama. Semua sesuai kesepakatan dukun dan pocong serta jin khodam lainnya.

4. Ronggeng

Sosok Seram Ini Diyakini 'Bertugas' di Rumah Makan dengan PelarisFoto: iStock

Tak seram seperti pocong atau manusia cebol yang melotot, pelaris bisnis kuliner juga memanfaatkan 'jasa' ronggeng yang cantik. Wujudnya seperti perempuan muda yang menari-nari di depan rumah makan.

Tarian itu rupanya berfungsi membuat orang terhipnotis mampir, kemudian tercipta rasa masakan lezat dan suasana nyaman sehingga orang yang sudah datang nantinya mau datang lagi dan lagi.

5. Aura merah
Air rendaman luka disebut-sebut sebagai pelaris terampuh. Medianya adalah air rendaman luka penderita sakit borok, diabetes basah, atau kusta. Air rendaman atau banyu buthek itu nantinya ditambahkan pada makanan.

Bagi mereka yang punya kepekaan indera keenam, akan melihat aura merah keluar dari makanan dengan banyu buthek. Di sisi lain, air keruh ini juga akan menyebarkan aroma mirip minyak babi yang bisa meningkatkan selera pengunjung rumah makan yang datang.

Baca Juga: Konon Ini 5 Tanda Kalau Warung Makan Pakai Penglaris

(adr/odi)