Konon Ini 5 Tanda Kalau Warung Makan Pakai Penglaris

Devi Setya - detikFood Kamis, 31 Jan 2019 16:20 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Tegiur dengan keuntungan banyak kadang membuat para pebisnis gelap mata. Bahkan makhluk ghaib juga dilibatkan dalam usaha, termasuk bisnis kuliner.

Masyarakat Indonesia memang kadang percaya dengan hal mistis. Termasuk ketika merasa curiga saat melihat warung makan yang ramai diantre, terutama saat makanan yang disajikan punya rasa biasa saja.

Banyak orang percaya warung laris manis karena campur tangan makhluk tak kasat mata. Berikut ini beberapa tanda kalau warung makan menggunakan jasa jin penglaris.

1. Punya ruangan khusus yang tertutup
Konon Ini 5 Tanda Kalau Warung Makan Pakai PenglarisFoto: Istock
Rumah makan yang menggunakan jin penglaris biasa menyediakan satu tempat tertutup. Tempat ini bisa berupa ruangan yang tak boleh diakses siapapun.

Mitosnya, ruangan ini digunakan si pemilik usaha sebagai tempat tinggal jin penglaris. Namun sayangnya, agak susah menemukan ruangan ini karena biasanya pemilik menempatkan ruangan di tempat yang sulit diakses.


2. Tempat cuci piring yang jauh
Konon Ini 5 Tanda Kalau Warung Makan Pakai PenglarisFoto: Istock

Berdasarkan keterangan banyak orang, jin penglaris biasa bersarang di tempat cuci piring. Kabarnya jin penglaris akan 'bekerja' lewat piring-piring dan alat makan lainnya.

Dipercaya, jin akan menjilati piring supaya makanan yang ada di atasnya terasa enak. Inilah alasan kenapa tempat cuci piring sengaja diletakkan jauh dari jangkauan area makan.

3. Makanan hanya enak kalau dimakan di tempat
Konon Ini 5 Tanda Kalau Warung Makan Pakai PenglarisFoto: Istock

Indikasi lain warung makan yang menggunakan jin penglaris adalah makanan yang hanya enak saat disantap di tempat. Rasa makanan memang terasa sangat lezat namun akan berubah ketika makanan dibawa pulang.

Jin penglaris bekerja hanya di lokasi tempat makan, ia memastikan makanan terasa enak. Namun ketika makanan sudah dibungkus dan dibawa pulang maka khasiat kerja sang jin tidak lagi berlaku. Nah kalau makanan tetap sama enaknya, berarti warung memang menyajikan kualitas makanan yang baik.

4. Makanan tak enak kalau sudah didoakan
Konon Ini 5 Tanda Kalau Warung Makan Pakai PenglarisFoto: Istock

Inilah fungsinya berdoa sebelum makan. Kalau makanan didoakan sebelum disantap maka efek kerja dari jin penglaris akan hilang.

Makanan ini terasa enak saat dimakan tanpa berdoa namun rasanya akan kacau balau saat sudah didoakan. Jadi jangan lupa berdoa sebelum menyantap makanan ya!


5. Tak betah berlama-lama
Konon Ini 5 Tanda Kalau Warung Makan Pakai PenglarisFoto: Istock

Suasana rumah makan yang menggunakan jasa jin penglaris akan terasa panas sehingga membuat pengunjung tak betah berlama-lama. Apalagi kalau membawa anak balita.

Kalau balita Anda merasa gelisah, tak tenang dan takut saat ada di warung makan maka sebaiknya segera pergi. Hal ini memang tak selalu bisa jadi tolak ukur namun ada baiknya untuk menghindari tempat makan yang mencurigakan. (dvs/odi)