Remaja Ini Curi PlayStation dengan Menimbangnya Sebagai Buah di Supermarket

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 05 Feb 2019 12:16 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Remaja asal Prancis ini punya cara cerdik untuk mengelabui pihak supermarket. Ia sengaja menimbang PlayStation sebagai buah, dan membayarnya di kasir mandiri.

Tertangkap lewat aksi pencuriannya yang unik dan terbilang cerdik, remaja bernama Adel dari Prancis ini harus mendekam di penjara. Ia terbukti melakukan tindak pencurian di supermarket Montbeliard, yang berada di wilayah Prancis Timur di bulan September tahun lalu.

Baca Juga: Curi 15 Kg Sosis, Pencuri di China Ini Justru Ditawari Pekerjaan
Remaja Ini Curi PlayStation dengan Menimbangnya Sebagai Buah di SupermarketFoto: Istimewa
Dikabarkan Daily Mail UK (31/01), remaja berusia 19 tahun ini mengambil konsol game PlayStation 4. Lalu sengaja menimbang berat konsol game tersebut di bagian buah, agar keluar label harga atau price tag seharga berat buah pada umumnya.

Setelah label harga keluar dari mesin penimbang buah, Adel kemudian menempelkan label harga buah itu di konsol game yang akan dicurinya. Ia dengan pintar memilih self check-out, atau layanan kasir mandiri di mana para pengunjung biasanya bertransaksi, dan membayar belanjaan mereka sendiri tanpa ada petugas kasir.

Aksinya ini berjalan mulus, dengan label harga buah seberat 2,7 kg yang tetera sekitar £8 (Rp 145.768), Adel berhasil membawa pulang PlayStation curiannya ini seharga buah. Padahal satu konsol game PlayStation 4 di pasaran, harganya bisa mencapai £297.30 (Rp 5.417.000).
Remaja Ini Curi PlayStation dengan Menimbangnya Sebagai Buah di SupermarketKasir Mandiri - Self Check Out Foto: Istimewa
Setelah berhasil mencuri PlayStation ini, Adel kemudian menjual konsol game ini sebesar £87.43 (Rp 1.593.000) untuk membeli tiket kereta ke kampung halamannya di Nice.

Aksi kriminal Adel ini sebenarnya tidak akan diketahui, jika saja dia tidak kembali ke supermarket yang sama di keesokan harinya, untuk melakukan pencurian lagi.

Di aksinya yang kedua, pihak supermarket berhasil menemukan kecurangan Adel yang menggunakan harga buah untuk mencuri konsol game. Adel kemudian ditahan oleh polisi, dan didakwa karena kasus pencurian tapi Adel tidak hadir ke persidangan.
Remaja Ini Curi PlayStation dengan Menimbangnya Sebagai Buah di SupermarketFoto: Istimewa
Sehingga akhir minggu lalu, Adel akhirnya resmi dijatuhkan hukuman kurungan penjara selama empat bulan.

Pencurian di supermarket dan toko makanan bukan yang pertama kalinya terjadi. Sebelumnya salah satu pegawai di toko kelontong modern yang berada di Ohio, Amerika, mencuri produk daging senilai $9.200 (Rp. 136.160.000,-) selama delapan tahun lamanya.

Baca Juga: Pegawai Toko Ini Curi Daging Senilai Rp. 136 Juta Untuk Camilannya



Tonton juga 'Canggih! Aksi Pencurian Sapi Digagalkan Drone':

[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)