Sajian Spesial Imlek

Warna-warni Yee Sang, Salad Perlambang Harapan di Tahun Baru

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 05 Feb 2019 11:18 WIB
Foto: dok. detikFood Foto: dok. detikFood
Jakarta - Perayaan Imlek identik dengan makan yee sang. Selain sehat, salad ini disusun dari bahan-bahan yang menyimbolkan kebaikan.

Banyak orang memilih merayakan Imlek dengan makan yee sang bersama keluarga atau kerabat. Yee sang merupakan menu Imlek ikonik di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.
Warna-warni Yee Sang, Salad Perlambang Harapan di Tahun BaruFoto: dok. detikFood
Dilihat dari tampilannya, yee sang adalah salad ikan mentah gaya Kanton. Bahan utamanya ikan yang melambangkan limpahan rezeki dan hidup baru. Jenis ikan yang umum dipakai, salmon atau tuna.

Yee sang lalu diracik bersama ragam sayuran dan bahan. Jumlahnya bisa mencapai 17 jenis seperti irisan wortel, lobak hijau, lobak putih, rumput laut, jeruk Bali/pomelo, rumput laut, dan pangsit.

Tak ketinggalan bumbu yee sang seperti saus plum, minyak, taburan lada, dan biji wijen. Tiap pemakaian bahan ini melambangkan harapan-harapan di tahun baru.

Baca Juga: Yee Sang, Makanan Perlambang Harapan Baik di Tahun Baru
Warna-warni Yee Sang, Salad Perlambang Harapan di Tahun BaruFoto: dok. detikFood
Irisan wortel, misalnya, diharapkan membawa keberuntungan. Sementara lobak putih untuk kemakmuran dan lobak hijau perlambang semangat yang tinggi.

Bahan-bahan yee sang kemudian diletakkan di piring dengan susunan melingkar di atas meja. Untuk menikmati yee sang pun ada tata caranya.

Orang-orang harus mengelilingi meja sajian yee sang. Disusul ucapan "Gong Xi Fa Cai" yang artinya selamat atas kekayaan Anda dan "Wan Shi Ru Yi" yang berarti semua keinginan akan terpenuhi.

Tiap menambahkan bahan ke dalam yee sang juga perlu mengucapkan doa. Salah satunya ucapan "Yi Ben Wan Li" saat menuangkan minyak dengan gerakan memutar.
Warna-warni Yee Sang, Salad Perlambang Harapan di Tahun BaruFoto: dok. detikFood
Ucapan itu berarti agar keuntungan meningkat 10.000 kali dan mendorong uang mengalir masuk dari segala arah.

Selanjutnya, semua yang ada di meja makan harus berbarengan mencampur yee sang dengan bantuan sumpit.

Yee sang lalu diangkat setinggi mungkin sambil mengucapkan "Lo Hey Lo Hey Lo Kow Fong Sang Sue Hey." Semakin tinggi yee sang diangkat diharapkan semakin tinggi pula rezeki dan kemakmuran yang dicapai tahun depan.Gong Xi Fa Chai!

Baca Juga: Yee Sang, Nian Gao dan Yum Cha Spesial Disajikan di Resto Berbintang Ini (sob/odi)