Rekomendasi Tempat Makan

Kalau ke Pontianak, Jangan Lupa Makan Enak di 5 Tempat Ini

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 03 Feb 2019 13:55 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Ingin menikmati ragam makanan enak langsung saja ke sini. Populer berkat film 'Aruna dan Lidahnya', Pontianak ternyata punya ragam makanan enak. Yuk, mampir!

Jajanan kaki lima hingga tempat ngopi punya rasa yang enak dan harganya terjangkau. Liburan kali ini, berwisata kuliner ke Pontianak bisa jadi alternatif baik untuk menjakan lidah. Kalau ada rencana ingin ke Pontianak, beberapa tempat ini bisa dikunjungi.

1. Choi Pan A Hin

Kalau ke Pontianak, Jangan Lupa Makan Enak di 5 Tempat IniFoto: iStock


Choipan merupakan jenis kue basah yang terbuat dari tepung beras. Bentuknya mirip dengan gyoza Jepang namun isiannya berbeda. Choi Pan berisi kucai, bengkuang, talas dan rebung. Makin enak disajikan bersama dengan cocolan sambal yang pedas. Selain choi pan, tempat ini juga memiliki sajian chai kwe yang nikmat. Choi pan ini dibandrol dengan harga Rp 2.000 per buahnya.

Choi Pan A Hin
Jalan Siam, Benua Melayu Darat
Pontianak Sel, Kota Pontianak
Buka: 10.00 - 22.00

2. Pengkang di Pondok Pengkang

Kalau ke Pontianak, Jangan Lupa Makan Enak di 5 Tempat IniFoto: Dok. detikFood

Melihat pengkang pasti ingat dengan cuplikan film di 'Aruna dan Lidahnya'. Camilan ini mirip seperti lemper dengan bentuk kerucut. Pengkang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan kemudian diisi dengan ebi. Pengkang disajikan dengan balutan daun pisang dan dibakar dengan bara api.

Rasanya gurih dengan paduan ebi yang wangi. Pengkang biasanya dinikmati bersama dengan sambal kepah atau kerang yang sangat mudah ditemui di Pontianak. Harga pengkang dibandrol dengan harga Rp 5.000 per buahnya.

Pondok Pengkang
Jalan Raya Peniti
Peniti Luar, Siantan
Pontianak

Baca juga: "Aruna & Lidahnya" Populerkan Bakmi Kepiting dan Pengkang dari Pontianak

3. Lek Tau Suan

Kalau ke Pontianak, Jangan Lupa Makan Enak di 5 Tempat IniFoto: kms tour


Lek Tau Suan atau bubur gunting wajib masuk dalam daftar kuliner. Di Pontianak, kuliner ini dikenal dengan nama Lek Tau Suan. Sementara di Singkawang banyak disebut sebagai bubur gunting. Dibuat dengan sentuhan Tiongkong, ini merupakan perpaduan bubur kacang hijau manis dengan cakue yang gurih hangat. Di Pontianak, Lek Tau Suan sering dijajakan oleh pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Gajah Mada.

Lek Tau Suan
Jalan Gajah Mada
Pontianak

4. Mie Tiaw Apollo

Kalau ke Pontianak, Jangan Lupa Makan Enak di 5 Tempat IniFoto: Dok. detikFood


Warung makan ini tak boleh terlewatkan ya. Mie tiaw ini menjadi andalan kota Pontianak dan makin enak dikombinasikan dengan potongan daging sapi. Mie tiaw juga dilengkapi dengan cacahan sawi hijau dan tauge segar. Porsinya yang besar membuat Anda harus siapkan ruang di perut sebelum menyantapnya.

Di sebelahnya, terdapat juga warung Mie Tiaw Apollo. Lucunya warung yang satunya bertuliskan Mie Tiau Apollo sejak 1968, tidak pernah pindah. Dan warung yang sebelahnya, hanya dibatasi seng tertulis Mie Tiau Polo pindahan dari sebelah.

Soal rasa, keduanya punya citarasa yang sama.

Mie Tiaw Apollo
Jalan Patimura No. 63
Darat Sekip, Pontianak

5. RM. Ayong 999

Kalau ke Pontianak, Jangan Lupa Makan Enak di 5 Tempat IniFoto: Dok. detikFood

Rumah makan ini tengah viral di Pontianak. Buka di sore hari, rumah makan ini sudah ramai diantre pengunjung. Menu yang dijual ada nasi goreng telur, kwetiau goreng hingga nasi goreng. Tapi kalau mau lebih murah, cukup pesan nasi goreng telur.

Menu ini terdiri dari nasi putih plus telur ceplok dan tumis sayuran. Bumbunya dibuat dengan campuran bawang putih cincang dan kecap. Duh, sedap! Makin enak disantap dengan tumis sayuran renyah dan gurih.

RM. Ayong 999
Jalan Gajah Mada
Pontianak

Baca juga: Ini Kelezatan Nasi Telor Ceplok Rp 7 Ribu yang Ramai Diantre Orang


Simak Juga 'Berburu Oleh-oleh Khas Pontianak':

[Gambas:Video 20detik]


Kalau ke Pontianak, Jangan Lupa Makan Enak di 5 Tempat Ini

(lus/odi)