Ini Kelezatan Nasi Telor Ceplok Rp 7 Ribu yang Ramai Diantre Orang

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Kamis, 24 Jan 2019 13:40 WIB
Foto: Louis Daniel Foto: Louis Daniel
Pontianak - Tampilannya sengat sederhana. Nasi putih diberi topping telor ceplok yang dikucuri kecap. Tetapi menu ini jadi viral dan orangpun rela antre buat mencicipinya.

Sebenarnya menu nasi telor ceplok ini sudah lama ada di rumah makan Ayong 999 di Jl. Gajah Mada Pontianak. Tetapi beberapa bulan ini setelah diliput beberapa youtuber makanan menjadi makin populer. Kamipun jadi penasaran, apa ya istimewanya menu ini?

Lokasi rumah makan Ayong 999 ini terletak di sebuah gang di sebelah hotel Gajah Mada, di Jl. Gajah Mada, Pontianak. Masuk sekitar 200 meter akan terlihat sinar lampu neon terang di warung yang buka mulai pukul 17.00.


Ini Kelezatan Nasi Telor Ceplok Rp 7 Ribu yang Ramai Diantre OrangKesibukan di 'open kitchen' Ayong 999 menyiapkan telor goreng. Foto:Louis Daniel
Setiap malam memang kawasan Jl. Gajah Mada ini selalu ramai dipadati orang berlalu-lalang untuk menikmati aneka jajanan malam yang dijual di emperan toko-toko yang tutup di sepanjang jalan ini. Di mulut gang juga ada jajaran meja kursi tempat orang menikmati jajanan malam.

Dengungan suara kompor gas dan aroma wangi bawang tercium harum menggelitik hidung saat kami tiba. Sudah 3 hari lebih rumah makan ini tak buka. Makanya malam itu suasana cukup ramai. Tentu saja kami tak melewatkan menu Nasi Goreng Telor, meskipun juga ada Kwetiau Goreng dan Nasi Goreng.

Meni Nasi Goreng Telor ini terdiri dari nasi putih plus telor ceplok dan tumis sayuran. Mengamati pak Ayong membuat telor ceplok memang asyuk. Wajan besi diberi minyak tak terlalu banyak, setelah panas, barulah telor dipecahkan dan dibiarkan beberapa saat hingga agak beku pinggirnya.
Selanjutnya ditambahkan bawang putih cincang yang sudah digoreng bersama minyak. Minyak berisi bawang putih cincang ini merupakan bumbu khas Pontianak yang biasa ditambahkan dalam kuah bakso atau sajian lainnya. Selanjutnya baru dikucuri kecap khas Pontianak. Kecapnya kental seperti kecap manis tetapi dengan rasa tak terlalu manis. Diaduk sebentar kemudian telor ceplok diangkat.
Ini Kelezatan Nasi Telor Ceplok Rp 7 Ribu yang Ramai Diantre OrangMenu nasi telor goreng lengkap dengan tumis sayuran. Foto: Louis Daniel
Dalam sekali masak Ayong bisa membuat 2 tellor ceplok sekaligus. Pembeli bisa pesan telor ceplok matang atau setengah matang atau bahkan kering. Sepiring penuh nasi putih dengan porsi royal disiapkan. Telor ceplok ditaruh di atasnya dan disajikan panas mengepul.

Tekstur nasinya agak pera, karena merupakan nasi untuk nasi goreng. Telor ceplok dengan kuning yang lembut atau lumer terasa sedikit manis, gurih dengan krenyes bawang putih cincang pas dikunyah dengan nasinya. Mantap!

Jangan lupa nikmati dengan sayuran tumis yang jadi pelengkap menu ini. Sayur tumisnya tak kalah sederhana. Berupa potongan sawi hijau dan tauge besar, hanya ditumis dengan minyak bawang putih dan diberi sedikit kuah. Karena memakai api besar, tekstur sayuran jadi renyah atau 'crunchy' segar.

Kuahnya pun gurih pas, apalagi diberi sedikit taburan lada bubuk. Disiramkan ke atas nasi yang sedikit pera dan disuap bersama telor ceplok, rasanya memang komplet.

Ini Kelezatan Nasi Telor Ceplok Rp 7 Ribu yang Ramai Diantre OrangSayuran tumis berupa sawi dan tauge yang sederhana. Foto: Louis Daniel

Jika memesan nasi plus telor ceplok saja cukup bayar Rp 7.000. Kalau lengkap dengan sayur tumus Ro 15.000. Makanan dibuat dari bahan segar dan dimasak saat dipesan membuat sajian rumah makan Ayong ini disukai banyak orang.

Saat malam hari di tanggal tua, tentu makan enak mengenyangkan dengan harga terjangkau jadi favorit banyak orang. Makanya rumah makan ini tak pernah sepi, hampir selalu dipenuhi pengunjung.

(odi/odi)